Polda Banten Siapkan Jalur Alternatif Menuju Objek Wisata Anyer-Carita

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Jumat 12 Apr 2024 15:12 WIB

Sejumlah kendaraan wisatawan terjebak kemacetan di Pandeglang, Banten (ilustrasi). Polda Banten telah menyiapkan sejumlah skema pengaturan lalulintas yang diterapkan menuju kawasan wisata Pantai Anyer Foto: ANTARA/Muhammad Bagus Khoirunas Sejumlah kendaraan wisatawan terjebak kemacetan di Pandeglang, Banten (ilustrasi). Polda Banten telah menyiapkan sejumlah skema pengaturan lalulintas yang diterapkan menuju kawasan wisata Pantai Anyer

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Polda Banten telah menyiapkan sejumlah skema pengaturan lalulintas yang diterapkan menuju kawasan wisata Pantai Anyer-Carita selama libur lebaran.

Kapolda Banten Irjen Abdul Karim di Serang, Banten, Jumat, mengatakan berkaca dari momen libur panjang saat Idul Fitri lalu, skema yang diterapkan saat itu juga akan diterapkan di libur lebaran tahun ini.

"Kita menyiapkan one way di jalan lingkar selatan (JLS) untuk menuju ke Anyer, yang mana penerapan ini juga telah dilakukan sejak tahun kemarin apabila terjadi penumpukan kendaraan yang menuju ke arah wisata maupun sebaliknya," katanya.

Selain itu, pihak kepolisian juga telah menyiapkan skenario jalur alternatif yang dari Jakarta menuju Anyer melalui Serang Timur atau keluar Tol Serang Timur maka akan diarahkan melalui Jalan Pal Lima, Paburan, dan Padarincang.

"Itu akan menjadi jalur alternatif kalau misalnya terjadi penumpukan di Cilegon Timur. Karena khusus jalur wisata selama ini keluarnya dari Cilegon Timur menuju JLS, maka kita mempunyai skenario alternatif tadi," katanya.

Untuk jumlah personel pengamanan wisata Anyer dan Carita, pihaknya memastikan sudah disiapkan secara terpisah dan tidak mengganggu arus balik.

"Kita siapkan terpisah tidak mengganggu arus balik. Kita libatkan personel dari Polres Pandeglang dan Polda Banten sebanyak 300 Personel, dan Polair yang disebar di setiap titik tempat wisata," katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Al Hamidi menargetkan sekitar 2 juta lebih kunjungan wisatawan ke Banten pada momen libur Lebaran Idul Fitri dan cuti bersama.

Target tersebut berdasarkan jumlah kunjungan wisatawan pada 2023 yang mencapai 2 juta kunjungan."Prediksi kunjungan wisatawan mudah-mudahan tahun ini lebih, tahun kemarin 2 juta," katanya.

Terpopuler