Arus Balik Lebaran, Polisi Ingatkan Pemudik Siapkan Stamina

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Bilal Ramadhan

Jumat 12 Apr 2024 13:34 WIB

Foto udara kendaraan melintas di Jalan Tol Pejagan-Pemalang, Brebes, Jawa Tengah. Kapolres Bantul mengingatkan pemudik untuk menyiapkan stamina saat arus balik lebaran. Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar Foto udara kendaraan melintas di Jalan Tol Pejagan-Pemalang, Brebes, Jawa Tengah. Kapolres Bantul mengingatkan pemudik untuk menyiapkan stamina saat arus balik lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Kapolres Bantul, AKBP Michael R Risakotta memperkirakan puncak arus balik Lebaran 2024 terjadi pada tanggal 13-16 April 2024. Michael mengingatkan kepada para pemudik untuk menyiapkan stamina sebelum nantinya melangsungkan arus balik Lebaran 2024.

Menurutnya, faktor kondisi yang prima ketika mengemudikan kendaraan adalah hal penting. Karena akan menjaga fokus dan menghindari potensi terjadinya kecelakaan.

Baca Juga

"Siapkan stamina. Pastikan kesehatan prima, pastikan kendaraan tidak bermasalah. Karena sehat dan tidak lelah adalah mutlak syarat utama dalam berlalu lintas," kata Michael dalam keterangannya, Jumat (12/4/2024).

Michael mengingatkan pentingnya istirahat selama perjalanan arus balik agar tetap segar dan fokus dalam mengemudi. Ia mengimbau agar pemudik tidak memaksakan diri berkendara tanpa istirahat, lantaran hal tersebut dapat meningkatkan risiko kecelakaan akibat kelelahan.

"Kemudian, bagi pengendara yang lelah atau mengantuk, jangan lupa istirahat karena yang terpenting adalah keselamatan," ucapnya.

Michael juga menyarankan pengendara untuk memeriksakan kondisi kendaraan agar laik jalan. Hal tersebut untuk  meminimalisir kemacetan maupun kecelakaan akibat kelalaian pengemudi.

"Pastikan kembali kondisi kendaraan yang anda gunakan, seperti cek mesin, tekanan ban, dan kelengkapan lainnya. Sehingga kondisi kendaraan layak jalan," tutur Michael.

Ia juga mengimabu pemudik untuk memanfaatkan teknologi dengan mengunduh aplikasi pemantau lalu lintas yang dapat memberikan informasi tentang kondisi jalan, kemacetan, dan rute alternatif secara real-time. Selain itu, pemudik juga disarankan membawa persediaan makanan dan minuman yang cukup selama perjalanan arus balik. 

"Hindari kelaparan dan dehidrasi dengan membawa bekal yang sehat dan bergizi untuk dikonsumsi selama perjalanan," katanya.

Michael berharap perjalanan arus balik mudik 2024 dapat berlangsung dengan lancar dan aman. "Selamat pulang kembali ke rumah dan semoga Anda tiba dengan selamat di tujuan akhir," pesannya.

Terpopuler