18 Ribu Lebih WNI di Taiwan Semarakkan Sholat Idul Fitri di Sejumlah Lokasi Berbeda

Red: Nashih Nashrullah

Kamis 11 Apr 2024 21:19 WIB

Pemandangan sholat Idul Fitri WNI di Taiwan Foto: Dok Istimewa Pemandangan sholat Idul Fitri WNI di Taiwan

REPUBLIKA.CO.ID, TAIPE— Program Dakwah NU Mendunia, safari dakwah Ramadan 1445 H / 2024 M Lembaga Dakwah PBNU, Lazisnu PBNU bekerjasama dengan PCINU Taiwan gelar sholat Idul Fitri di Halaman National Taiwan Museum, Rabu (10/3/24). 

Sebanyak 18 ribu WNI yang berada di Taiwan tampak antusias memadati sholat idulfitri 1445 H/2024 M.

Baca Juga

Kepala KDEI Taipei Taiwan Iqbal Shoffan Shofwan, mengucapkan terima kasih kepada PCINU Taiwan yang telah menggelar pelaksanaan Sholat Idul Fitri bersama para WNI di Taiwan, mengajak para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang ada di Taiwan untuk mendoakan para korban yang kemarin terkena musibah gempa Taiwan.

"Kita perlu saling membangun solidaritas dan dukungan antar-WNI di Taiwan, terutama dalam momen-momen penting seperti perayaan Idul Fitri. Solidaritas ini juga harus kita tunjukkan dengan turut mendoakan korban musibah gempa Taiwan karena solidaritas tidak hanya terbatas pada lingkup keagamaan, tetapi juga dalam menghadapi cobaan dan bencana alam," kata dia.

Sekretaris Lembaga Dakwah PBNU KH Nurul Badruttamam dalam khutbah Idul Fitri, mengajak para WNI di Taiwan untuk menjaga nama baik Indonesia.

"Marilah kita menjaga nama baik Indonesia di manapun kita berada, termasuk di Taiwan. Kita sebagai Warga Negara Indonesia harus menjadi contoh yang baik dan berperan aktif dalam membangun hubungan yang harmonis dengan masyarakat setempat." Pesannya. 

Dikatakan Kiai Nurul, para WNI di Taiwan harus mampu menjadi duta yang baik bagi Indonesia serta terus berkontribusi positif dalam mempererat persaudaraan antarbangsa.

Dalam khutbahnya, dia juga menekankan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan umat, serta memperkuat tali silaturahmi antar sesama umat Muslim di Taiwan. Beliau juga mengajak para jamaah untuk terus meningkatkan ibadah dan ketaqwaan kepada Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari.

Ketua Tanfidziyah PCINU Taiwan, Didik Purwanto PhD., berharap pengiriman dai ke luar negeri bukan hanya di bulan Ramadhan, melainkan di luar bulan Ramadan Lembaga Dakwah PBNU berkenan bisa mengirim juga secara rutin, karena disini ada sekitar 270 ribu WNI yang berada di Taiwan.

"Kami berharap agar program pengiriman Dai ke luar negeri dapat dilakukan secara rutin, tidak hanya terbatas pada bulan Ramadan. Dengan jumlah WNI yang signifikan di Taiwan, kami percaya kerjasama antara Lembaga Dakwah PBNU dan PCINU Taiwan dapat memberikan manfaat yang besar bagi umat di sini," kata dia. 

Pelaksanaan sholat Idulfitri selain dilaksanakan di Halaman National Taiwan Museum - Area Taman 228 4 MRT NTU Hospital (MRT Jalur Merah), PCINU Taiwan juga menggelar di beberapa wilayah antara lain di Changhua, Daxi Yilan, Guanyin, Kaohsiung, Penghu, Taoyuan, Ping Tung, Yilan, Keelung, Hualien, Donggang dan Chiayi.

Berikut nama para Dai Internasional Lembaga Dakwah PBNU Ramadan 1445 H / 2024 M yang bertugas di PCINU Taiwan yaitu Muhammad Syarofi, Muhammad Mabrur, Muhammad Riza Diponegoro, Fani Ruusul Masail, Ali Fitriana Rahmat dan Moh. Al-Faiz.  

Terpopuler