1 Juta Kendaraan Diprediksi Masuk ke Jakarta pada 13-16 April 2024

Red: Qommarria Rostanti

Kamis 11 Apr 2024 16:08 WIB

Sejumlah pemudik mengurangi laju kendaraannya saat melintasi jalan tol Palimanan-Kanci (Palikanci). Masyarakat diharap dapat mengatur waktu saat arus balik ke Jakarta. Foto: Republika/Prayogi Sejumlah pemudik mengurangi laju kendaraannya saat melintasi jalan tol Palimanan-Kanci (Palikanci). Masyarakat diharap dapat mengatur waktu saat arus balik ke Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Latif Usman memperkirakan sebanyak satu juta kendaraan yang akan masuk ke Jakarta dalam waktu tanggal 13-16 April 2024. Masyarakat diharapkan dapat mengatur waktu saat kembali atau arus balik ke Jakarta setelah merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Kalaupun satu hari itu ada 250 ribu kendaraan itu pun sudah cukup tinggi. Oleh sebab itu saya mengharapkan masyarakat yang kembali ke Jakarta untuk mempersiapkan semuanya," katanya saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis (11/4/2024).

Baca Juga

Selain mengatur waktu saat balik, Latif juga mengimbau pemudik memilih sejumlah gerbang tol agar tidak terjadi penumpukan kendaraan seperti di simpang susun Cikunir, Tanjung Priok, dan Halim. "Tiga tempat ini adalah tempat krusial buat titik masuknya Jakarta yang kita perhatikan betul-betul. Nah tapi kita sudah mempunyai tol fungsional, tol dari Cibitung menuju ke Cimanggis," katanya.

Karena itu, masyarakat yang akan pulang ke Bogor, Depok, dan Cibubur, bisa melewatinya dan tidak perlu melewati Cikunir karena waktu serta jarak tempuh yang signifikan. Soal contraflow, Latif menjelaskan akan diberlakukan apabila khususnya di dalam tol yang masuk Halim terjadi kepadatan. 

"Itu langkah terakhir yang akan kita lakukan yaitu akan melakukan contraflow yaitu dari pintu Tol Halim mungkin nanti bisa sampai Slipi ataupun sampai depan Polda Metro Jaya ataupun nanti sampai depan gedung DPR," katanya. Latif mengatakan, arus balik akan dipecah dari awal sehingga masuk ke Jakarta akan lebih nyaman.

Terpopuler