Wapres Rayakan Idul Fitri di Jakarta dan Banten

Rep: Febrian Fachri / Red: Gita Amanda

Selasa 09 Apr 2024 21:03 WIB

Wapres Maaruf Amin menyebut rumah dinasnya terbuka bagi umum untuk silaturrahmi. (ilustrasi) Foto: Republika/Febrian Fachri Wapres Maaruf Amin menyebut rumah dinasnya terbuka bagi umum untuk silaturrahmi. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin, akan merayakan Idul Fitri 1445 H di Jakarta dan Banten. Ia mengatakan pada pagi hari, Rabu (10/4/2034), akan melaksanakan Sholat Idul Fitri di Masjid Istiqlal. Setelah itu ia akan berada di rumah dinas Wapres sampai Zuhur. Barulah setelah itu, Wapres beserta keluarga bertolak ke kampung halamannya di Provinsi Banten. 

“Saya lebaran di Jakarta, Insya Allah saya sholat Ied di Istiqlal dan saya masih di jakarta sampai dzuhur, habis itu saya baru berangkat ke Banten,” kata Wapres, beberapa waktu lalu.

 

Wapres menyebut rumah dinasnya terbuka bagi umum untuk silaturrahmi. Tidak hanya hari raya, rumahnya kata Ma’ruf selalu terbuka bagi siapapun yang ingin datang. “Kalau housenya open terus saya, tidak pernah close, open terus. Apalagi hari raya jadi open aja,” ujar Wapres.

 

Ma’ruf Amin, mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 untuk segenap umat Islam baik yang berada di Indonesia maupun di seluruh dunia. Idul Fitri menurut Wapres adalah merayakan kemenangan setelah satu bulan menjalankan ibadah puasa dan ibadah Ramadhan lainnya. Ma’ruf berpesan agar umat manusia senantiasa menjaga spirit Ramadhan dalam diri masing-masing. 

 

“Kepada saudara-saudaraku umat Islam di tanah air, dan di berbagai penjuru di dunia, saya ucapkan selamat Idul Fitri 1445 H, selamat atas kemenangan setelah melaksanakan ibadah Ramadhan dengan sepenuh hati dan kesungguhan, semoga amal ibadah kita diterima Allah SWT. Pada hari yang fitri ini saya mengajak kita semua untuk terus menghidupkan spirit Ramadhan dalam diri dan kehidupan kita,” kata Ma’ruf melalui pidato yang disiarkan melalui Youtube Wakil Presiden Indonesia, Selasa (9/4/2034). 

 

Spirit Ramadhan yang harus dipertahankan dalam diri umat Islam menurut Ma’ruf adalah semangat hidup yang penuh kasih dan berhati baik kepada sesama umat manusia maupun lingkungan. Umat Islam kata dia harus selalu menyalakan semangat untuk terus berubah dan berkontribusi menciptakan perbaikan-perbaikan yang akan mendorong kemajuan.

    

Wapres juga berpesan kepada para pemudik agar lancar dalam perjalanan sampai kampung halaman. “Bagi para pemudik, saya ucapkan selamat mudik, semoga lancar dan tidak ada halangan apapun di perjalanan. Selamat berkumpul dengan keluarga, sanak saudara dan kerabat di kampung halaman,” ujar Wapres. 

 

Ma’ruf juga mengajak umat Islam untuk mendoakan saudara-suadara Muslim yang tidak dapat merayakan Idul Fitri dalam keadaan damai dan aman. “Sekali lagi selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H, minal aidin walfaizin, mohon maaf lahir dan batin,” kata Wapres menambahkan

 

 

Terpopuler