Lembaga Amal UEA Siap Distribusikan 130 ribu Karung Beras untuk Zakat Fitrah

Rep: Mgrol150/ Red: Muhammad Hafil

Selasa 09 Apr 2024 21:54 WIB

Zakat fitrah / fidyah ( ilustrasi) Foto: Dok Republika Zakat fitrah / fidyah ( ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Lembaga Amal Uni Emirat Arab (UEA), Sharjah Charity International (SCI) mengumumkan akan mendistribusikan 130 ribu karung beras untuk Zakat Fitrah yang telah dikumpulkan dari para muzakki yang menandai berakhirnya bulan suci Ramadhan.

Ribuan karung beras tersebut dikumpulkan dan dibeli beberapa bulan lalu untuk dilakukan pendistribusiannya kepada penerima yang berhak pada malam sebelum hari raya Idul Fitri.

Baca Juga

SCI mengatakan Zakat yang didistribusikan dalam bentuk beras berasal dari kantor pusat dan cabangnya dan dikirimkan kepada mereka yang memenuhi syarat, sementara nilai tunainya diterima dari donatur sebesar 25 Dirham atau sama dengan sekitar 10o ribu Rupiah per individu yang kepada amil Zakat yang telah ditunjuk untuk mendistribusikan Zakat Fitri mereka.

“Persiapan proyek Zakat Fitri telah selesai. Direncanakan untuk mendistribusikan 130.000 karung beras ke kategori yang memenuhi syarat,” kata Direktur Eksekutif SCI, Abdullah Sultan bin Khadem, dilansir dari GulfNews, Selasa (09/04/2024).

SCI telah menumpulkan dana sebanyak 3,2 juta Dirham atau senilai 13,8 Milyar Rupiah selama bulan Ramadhan dan didistribusikan kepada individu yang telah terdaftar di kantor pusat maupun kantor cabang yang tersebar di masing – masing daerah yang ada di seluruh UEA. Pengumpulan dana masih berlanjut hingga fajar hari raya Idul Fitri.

Abdullah mengatakan bahwa SCI menyambut baik kontribusi dari para muzakki yang bersedia menyisihkan harta mereka dan menjadi delegasi dalam pendistribusian zakat mereka. Pendistribusian tersebut akan langsung dikirimkan kepada penerima manfaat yang telah terdaftar dan tercantum dalam catatan Lembaga tersebut.

Berbagai cara untuk berdonasi telah disediakan. Sehingga para muzakki dapat membayar Zakat Fitrah untuk mereka dan keluarganya melalui website yang memungkinkan donasi melalui kode SMS, aktivasi pemotongan Zakat melalui kartu kredit, serta pembayaran melalui Apple Pay dan Samsung Pay.

Selain itu, mereka dapat menggunakan kotak – kotak yang telah tersebar di tempat-tempat umum dan toko-toko, dan bisa langsung memberikan sumbangan ke kantor pusat SCI di Sharjah dan cabang-cabangnya di wilayah Timur Tengah. 

Terpopuler