Jelang Lebaran, Pertamina Mempertebal Stok LPG 3 Kilogram di Jatim

Rep: Dada/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Selasa 09 Apr 2024 14:47 WIB

Warga antre untuk membeli tabung gas LPG 3kg di Banyuwangi, Jawa Timur. Foto: Antara/Budi Candra Setya Warga antre untuk membeli tabung gas LPG 3kg di Banyuwangi, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus mempertebal stok LPG 3 kilogram di Jawa Timur, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat Lebaran Idul Fitri 1445 H. Area Manager Comm, Rel, & CSR Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus, Ahad Rahedi mengungkapkan, pihaknya menambah hingga 2.990.480 tabung LPG 3 kilogram di Jatim secara bertahap mulai H-7 hingga H+7 lebaran.

"Jumlah tersebut 191,7 persen lebih besar dari konsumsi normal harian LPG 3 kilogram pada April (2024) yang sebesar 1.560.206 tabung per hari, atau setara 4.680 metrik ton per hari," kata Ahad, Selasa (9/4/2024).

Ahad mengatakan, konsumsi LPG saat Ramadan dan Idul Fitri diprediksi naik hingga 5,3 persen, dengan puncak konsumsi pada H-3 hingga H+2 lebaran. Ahad mengatakan, pihaknya mempertebal stok LPG bersubsidi di Jatim karena tidak ingin momen hari raya ini dimanfaatkan pihak tertentu dengan menaikan harga jual di atas HET.

"Sehingga kami persiapkan hampir 3 juta tabung dengan tujuan menstabilkan harga di masyarakat," ujar Ahad.

Ahad menjelaskan, tambahan LPG 3 kilogram tersebut didistribusikan ke kabupaten/ kota di Jatim dengan porsi yang berbeda-beda. Setiap kabupaten/ kota di Jatim, kata Ahad, mendapatkan tambahan yang bervariasi mulai dari 120 persen hingga 240 persen, berdasarkan proyeksi peningkatan konsumsi di masing-masing daerah.

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan pembelian di pangkalan resmi pertamina dengan jumlah yang wajar sesuai kebutuhan, agar mendapat harga HET Jawa Timur Rp 16.000," ucap Ahad.

Terpopuler