Masjid Al Akbar Surabaya Siap Tampung 40 Ribu Jamaah Shalat Idul Fitri

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Teguh Firmansyah

Selasa 09 Apr 2024 10:36 WIB

Umat muslim melakukan shalat sunnat berjamaah ketika itikaf di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Jawa Timur Foto: Antara/M Risyal Hidayat Umat muslim melakukan shalat sunnat berjamaah ketika itikaf di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Jawa Timur

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Humas Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, H Helmy M Noor menegaskan kesiapannya menggelar Salat Idul Fitri 1 Syawal 1445 H. Helmy mengatakan, pelaksanaan Salat Idul Fitri di Masjid Al Akbar Surabaya akan dilaksanakan pada pukul 06.00 WIB.

Nantinya, seluruh area salat, baik yang ada di lantai 1, lantai 2, hingga halaman masjid akan dibuka untuk jamaah. Helmy mengungkapkan, untuk kapasitas Masjid Al Akbar Surabaya, dapat menampung jamaah hingga 40 ribu orang.

 

"Masjid Al Akbar menyiapkan area salat di lantai 1, 2, dan halaman masjid dengan kapasitas 40 ribu jamaah," kata Helmy kepada Republika.co.id, Selasa (9/4/2024). 

 

Helmy menjelaskan, yang nantinya akan bertindak sebagai Imam Salat Idul Fitri adalah Imam Besar Masjid Al Akbar Surabaya, KH Abdul Hamid Abdulllah. Sedangkan khotbah akan disampaikan  oleh Prof KH Ali Aziz yang merupakan guru besar UIN Sunan Ampel Surabaya dengan tema 'Lebaran, Meneguhkan Komitmen Muslim Berwawasan Kebangsaan.'

 

Helmy memastikan, pihaknya juga telah melakukan langkah antisipasi jika terdapat jamaah yang sakit atau membutuhkan layanan medis. Dimana Masjid Al Akbar menyiapkan tiga unit mobil ambulan dan tim medis dari RSUD dr. Soetomo, PMI Kota Surabaya, dan Poliklinik milik sendiri. 

 

"Dari RSUD dr. Soetomo terdiri dari satu dokter dan dua perawat. Dari PMI Kota Surabaya ada 30 paramedis, dan dari Poliklinik Masjid Al Akbar ada dua dokter dan paramedis. Sedangkan jumlah ambulan (yang disiagakan) 3 unit," ujarnya.

 

Terpopuler