Pengelola Ragunan Siapkan Kantong Parkir Sambut Wisatawan Selama Libur Lebaran

Red: Qommarria Rostanti

Senin 08 Apr 2024 17:18 WIB

Pengunjung memadati kawasan Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta. Pengelola Ragunan menyiapkan kantong parkir memadai untuk menyambut wisatawan selama libur Lebaran. Foto: Republika/Thoudy Badai Pengunjung memadati kawasan Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta. Pengelola Ragunan menyiapkan kantong parkir memadai untuk menyambut wisatawan selama libur Lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengelola Taman Margasatwa Ragunan menyiapkan sarana dan prasarana untuk menyambut para wisatawan pada libur Lebaran 2024. Salah satunya menyiapkan kantong-kantong parkir memadai untuk menampung kendaraan.

"Lahan-lahan parkir juga sudah kami siapkan, untuk menyambut pengunjung," kata Staf Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (Humas) Taman Margasatwa Ragunan Wahyudi Bambang di Jakarta, Senin (8/4/2024).

Baca Juga

Bambang mengatakan sarana dan prasarana yang berada di Taman Margasatwa Ragunan, juga sudah dilakukan penataan agar ketika masuk libur Lebaran 2024 semua pengunjung nyaman berada di kebun binatang di Jakarta Selatan. Menurut dia selain kantong-kantong parkir, pihaknya juga sudah menyiapkan toilet portabel untuk di tempatkan di beberapa titik di kawasan tersebut.

"Sarana prasarana penunjang sudah kita siapkan seperti toilet portabel, loket pembelian tiket masuk, dan lain sebagainya," ujarnya.

Bambang menambahkan tidak hanya itu Taman Margasatwa Ragunan juga telah mendekorasi kawasan tersebut dengan tema suasana Lebaran seperti ketupat, juga ornamen-ornamen lainnya yang bernuansa Idul Fitri. Pada masa libur Lebaran kali ini, kata Bambang memang tidak ada pertunjukan satwa, namun di momen tersebut salah satu penghuni kebun binatang merayakan ulang tahun.

"Untuk Lebaran nanti kebetulan akan ada pemberian hadiah kepada gorila kita yang kebetulan sedang berulang tahun," katanya.

Sebelumnya, pengelola Taman Margasatwa Ragunan menyiagakan lebih 1.000 petugas saat masa libur Lebaran 2024 untuk memastikan para pengunjung nyaman ketika berwisata di objek wisata di Jakarta Selatan itu. Menurut dia penambahan petugas itu dalam rangka memberikan pelayanan lebih baik kepada para pengunjung pada momen libur Lebaran 2024, karena diprediksi pengunjung bisa meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

Pada Lebaran 2023 jumlah wisatawan yang mengunjungi Taman Margasatwa Ragunan mencapai 750 ribu orang. Sedangkan untuk tahun ini ditargetkan mencapai 800 ribu orang.

Untuk itu, pihaknya menambah petugas musiman yang sudah diseleksi dengan ketat dan biasa membantu ketika musim libur Lebaran Idul Fitri. "Kalau untuk jumlahnya diperkirakan lebih dari 1.000 orang yang bertugas selama libur Lebaran 2024 ini," ujarnya.

 

Terpopuler