Jelang Lebaran, Jalanan di Jakarta Lengang

Rep: Bayu Adji P / Red: Gita Amanda

Senin 08 Apr 2024 17:18 WIB

Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Dr Soepomo, Tebet, Jakarta Selatan, Senin (8/4/2024) siang. Ruas jalan yang biasanya menjadi salah satu sumber kemacetan itu kini terlihat lengang. Foto: Republika/Bayu Adji P Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Dr Soepomo, Tebet, Jakarta Selatan, Senin (8/4/2024) siang. Ruas jalan yang biasanya menjadi salah satu sumber kemacetan itu kini terlihat lengang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jalanan ruas jalan di DKI Jakarta terpantau lengang pada Senin (8/4/2024). Berdasarkan pantauan Republika, sejumlah ruas jalan dari arah Depok ke Jakarta Pusat terpantau lancar.

Seperti di Jalan Dr Soepomo, Tebet, Jakarta Selatan, arus lalu lintas dari arah Pancoran ke Tebet tenpantau lengang pada Senin siang. Padahal, di hari biasa ruas jalan itu menjadi sumber utama kemacetan. 

Baca Juga

Tak hanya di ruas jalan itu, di wilayah Fatmawati, Jakarta Selatan, arus lalu lintas juga terpantau lengang. Bahkan, pengendara mobil yang biasanya harus menghabiskan waktu lebih dari satu jam di jalan, kini hanya perlu waktu 30 menit untuk pergi dari Ciledug ke Fatmawati. 

"Saya kan kantor di Fatmawati, berangkat dari Ciledug. Nah itu biasanya saya diarahin untuk lewat Ceger, terus lewat Bintaro," kata dia, Senin (8/4/2024).  

Menurut dia, biasanya butuh waktu sekitar 2 jam untuk pergi dari rumah ke kantornya. Namun, hari ini waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 30 menit. "Iya amazing fantastic lah. Kosong banget jalanan," kata dia.

photo
Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Dr Soepomo, Tebet, Jakarta Selatan, Senin (8/4/2024) siang. Ruas jalan yang biasanya menjadi salah satu sumber kemacetan itu kini terlihat lengang. - (Republika/Bayu Adji P)

Bukan hanya pengguna jalan yang senang dengan menghilangnya kemacetan untuk sementara dari Jakarta. Salah satu pengguna kereta commuter, Siti (22 tahun), juga merasakan berkah dari libur Lebaran, meski dirinya harus tetap bekerja. 

"Saya dari Stasiun Tambun ke Gondangdia, sepi banget, bahkan sampai bisa duduk. Biasanya mah boro-boro," kata perempuan yang masih bekerja hingga H-2 Lebaran itu.

Menurut dia, momen sepinya penumpang kereta api memang hanya terjadi pada momen libur Lebaran. Bahkan, pada akhir pekan pun penumpang kereta commuter tak pernah seperti saat libur Lebaran. "Jadi sangat menikmati, meski masih masuk kerja," kata Siti.

Terpopuler