Pemudik Motor di Ciwandan Disanjung Paling Nurut

Red: Fuji Pratiwi

Senin 08 Apr 2024 16:20 WIB

Pemudik motor antre menaiki kapal ferry di Pelabuhan Ciwandan, Cilegon, Banten, Ahad (7/4/2024). Foto: Republika/Putra M. Akbar Pemudik motor antre menaiki kapal ferry di Pelabuhan Ciwandan, Cilegon, Banten, Ahad (7/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, BANTEN -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyanjung pemudik bersepeda motor di Pelabuhan Ciwandan, Cilegon karena dinilai paling menuruti waktu tunggu sekitar 15 menit sejak kendaraan datang, parkir di tempat tunggu, dan menaiki kapal penyeberangan, sehingga pelayanan kepada mereka dapat diberikan dengan mulus.

"Apresiasi saya berikan kepada pemudik motor, ini paling mulus. Mereka menurut banget semua yang di Ciwandan. Sehingga mereka juga mendapatkan layanan hanya 15 menit langsung masuk sekarang," kata Budi di Cilegon, Banten, kemarin.

Baca Juga

Pelabuhan Ciwandan merupakan pelabuhan kargo. Pada masa angkutan mudik Lebaran seperti sekarang, Pelabuhan Ciwandan digunakan sebagai pendukung Pelabuhan Merak. Pelabuhan Ciwandan melayani pemudik bersepeda motor menyeberang ke Bakauheni, Lampung.

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Persero) (Pelindo) Arif Suhartono, mengatakan persiapan yang dilakukan perusahaan di Pelabuhan Ciwandan d antaranya mempersiapkan area transit (buffer area) bagi sepeda motor seluas 7.000 meter persegi dengan kapasitas 2.000 unit. Serta area transit (buffer area) bagi truk seluas 25.000 meter persegi dengan kapasitas 200 unit yang digunakan sementara untuk mendukung angkutan Lebaran 2024.

"Kami dari Pelindo selaku penyedia jasa pelabuhan akan selalu berkomitmen untuk memastikan masyarakat dapat terlayani dengan baik," kata Arif.

 

Terpopuler