Apresiasi Arus Mudik Tahun Ini, Jokowi: Tidak Ada Antrean Panjang

Red: Ahmad Fikri Noor

Senin 08 Apr 2024 12:31 WIB

Presiden Jokowi usai meninjau arus mudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (8/4/2024). Foto: Republika/Dessy Suciati Saputri Presiden Jokowi usai meninjau arus mudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (8/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo mengatakan antrean pemudik di sejumlah fasilitas transportasi publik hingga H-2 Idul Fitri 1445 H/Lebaran 2024 relatif lebih terkendali dibandingkan periode serupa pada tahun sebelumnya.

"Kalau dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, saya kira tahun ini jauh lebih bagus. Saya tidak melihat ada antrean yang sangat panjang atau yang di airport, atau di stasiun, atau di terminal yang begitu ramai dan berdesak-desakan saya lihat nggak ada," ujarnya saat meninjau pelaksanaan mudik di Stasiun Pasar Senen Jakarta Pusat, Senin (8/4/2024).

Baca Juga

Ia mengatakan pelaksanaan mudik yang relatif baik kali ini merupakan buah dari perencanaan yang matang dari para penyelenggara.

"Manajemen yang baik itu perlu diteruskan, yang ada masalah kecil-kecil segera diselesaikan. Saya kira perencanaan yang rapi memunculkan sebuah pelaksanaan yang baik," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan kelancaran mudik lebaran kali ini tidak lepas dari peran pemangku kebijakan terkait, di antaranya TNI dan Polri.

"Hari ini, dua hari lagi mau lebaran, kami lakukan koordinasi yang intens dengan stakeholders khususnya TNI-Polri. Alhamdulillah dukungan dari TNI-Polri luar biasa," katanya.

Budi mengatakan TNI-Polri telah berperan membantu operator transportasi di musim mudik melalui program mudik gratis yang berhasil menekan penggunaan motor maupun kendaraan pribadi lainnya.

"Bahkan saya terharu karena TNI-Polri mengadakan mudik gratis. Artinya, tekanan terhadap penggunaan motor bisa dikurangi," katanya.

Tidak itu saja, Budi melanjutkan koordinasi di sektor transportasi, terutama di darat juga dilakukan kolaborasi dengan TNI Polri yang begitu intens.

"Saya dengan Panglima TNI beberapa waktu lalu melakukan roadshow ke Bali, Semarang, Surabaya yang kita lakukan adalah bagaimana menambah upaya pelayanan di titik tersebut," katanya.

Contohnya di Surabaya, kata Budi, dilakukan tes tekanan darah hingga tes urine secara berkala untuk mendeteksi dini penyalahgunaan narkoba.

"Kalau di terminal itu ada TNI Polri maka terminal itu akan aman, sopir aman, penumpang pun aman," katanya.

Terpopuler