Jalur Sungai pun Dipenuhi Pemudik

Red: Erdy Nasrul

Ahad 07 Apr 2024 21:15 WIB

Warga memanfaatkan jasa transportasi perahu bermesin tradisional untuk menyeberangi banjir di jalan trans Kalimantan Bukit Rawi, Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Senin (13/9/2021). Jasa penyeberangan musiman dengan tarif Rp30 ribu hingga Rp70 ribu tersebut digunakan warga sebagai alternatif melintasi banjir luapan Sungai Kahayan yang merendam di jalan nasional Kalimantan itu sejak satu minggu terakhir. Foto: ANTARA/Makna Zaezar Warga memanfaatkan jasa transportasi perahu bermesin tradisional untuk menyeberangi banjir di jalan trans Kalimantan Bukit Rawi, Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Senin (13/9/2021). Jasa penyeberangan musiman dengan tarif Rp30 ribu hingga Rp70 ribu tersebut digunakan warga sebagai alternatif melintasi banjir luapan Sungai Kahayan yang merendam di jalan nasional Kalimantan itu sejak satu minggu terakhir.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan memprediksi arus mudik untuk jalur sungai bakal terjadi peningkatan pada saat hari H Idul Fitri atau Rabu (10/4).

Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin Slamet Begjo mengatakan peningkatan arus mudik di jalur sungai bakal terjadi saat lebaran.

Baca Juga

"Biasanya arus mudik untuk jalur sungai di hari lebaran terjadi peningkatan di antar perbatasan Banjarmasin karena rute yang tidak jauh," ungkap Slamet di Banjarmasin, Ahad (7/4/2024).

Para pemudik akan datang kepada sanak keluarganya pada hari pertama Idul Fitri dan kedua karena jarak yang tidak terlalu jauh menggunakan jalur sungai.

Sementara itu, Kepala UPTD Pelabuhan dan Penyeberangan Nortain mengatakan pihaknya telah menyiapkan segala sesuatunya untuk pelayanan dan siaga keamanan bagi pemudik yang menggunakan jalur air.

"Kami memaksimalkan personel di lapangan guna menjaga keamanan bagi pemudik yg menggunakan jalur air," ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan antisipasi lonjakan penumpang saat arus mudik dari kota Banjarmasin di beberapa pelabuhan atau dermaga penyeberangan sungai.

Dermaga penyeberangan yang dilakukan pemantauan seperti di Banjar Raya-Sakakajang Jalan Barito Hulu, Kelurahan Pelambuan, Kecamatan Banjarmasin Barat.

Nortain juga mengatakan pihaknya menyiapkan personel untuk berjaga 24 jam agar maksimal dalam memberikan pelayanan kepada para pemudik.

"Petugas kami stanby kan selama 24 jam di pelabuhan penyeberangan di kota ini," ucapnya.

Untuk jam operasional, ujarnya, di mulai pukul 07.00 WITA sampai dengan pukul 22.00 WITA, namun apabila masih ada kapal yang beroperasi, maka akan ditambah jam piket petugas, sampai kapal habis beroperasi pada saat arus mudik.

Semoga angkutan lebaran tahun 2024 pada Idul Fitri 1445 Hijriah kali ini dapat berjalan dengan lancar, aman, nyaman dan terkendali serta tidak ada kendala di lapangan.

"Kita berdoa, semoga angkutan lebaran arus mudik tahun ini berjalan lancar, aman dan nyaman. Sehingga masyarakat bisa berlebaran dan berkumpul bersama keluarga tercinta," tuturnya.

Terpopuler