Tanda Orang yang Dapat Malam Lailatul Qadar Berbeda-beda, Ini Penjelasannya

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah

Ahad 07 Apr 2024 12:05 WIB

Sejumlah warga menyalakan lampu minyak dan lampu hias pada perayaan tradisi Tumbilotohe atau malam pasang lampu di Limboto, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo, Sabtu (6/4/2024). Masyarakat Gorontalo merayakan tradisi Tumbilotohe dengan menyalakan lampu minyak dan lampu hias dalam rangka menyambut Lailatul Qadar selama tiga hari menjelang Idul Fitri. Foto:

1

Lalu, Amr Khaled menjabarkan beberapa aspek kasih sayang Allah kepada hamba-Nya pada malam Lailatul Qadar, di mana pahala amal di malam itu lebih baik dari seribu bulan.

"Ini peristiwa besar yang membuat Anda merasakan bahwa Allah adalah Maha Pemurah di atas apa yang Anda bayangkan, karena hanya Pemilik Kerajaan yang dapat memberikan Anda hadiah di malam hari. Dia memberi Anda dalam satu malam apa yang tidak Anda dapatkan dalam seribu bulan," tuturnya.

Amr Khaled mengungkapkan tanda-tanda orang yang mendapat malam Lailatul Qadar itu berbeda dari satu orang ke orang lain berdasarkan latar belakang setiap orang. Ada yang sangat berjuang keras tahun lalu, ada yang kehilangan anak laki-laki atau perempuan, ada yang terbaring di rumah sakit, ada yang berpisah dengan pasangan hidupnya, dan ada yang berjuang untuk mencari nafkah.

"Karena itu, pemberian di malam Lailatul Qadar sebanding dengan tingkat penderitaan yang dialami tahun sebelumnya," katanya.

Khaled mengatakan, setiap orang memiliki kedekatan khusus dengan Allah di malam itu. Setiap orang mendapatkan sesuatu sesuai dengan penderitaannya, dan tidak ada yang bisa menghalangi kekuasaan Allah SWT. "Dia yang memberikan kepada setiap individu sesuai dengan penderitaannya," tuturnya.

Nabi Muhammad SAW merasakan banyak kesakitan dalam hidupnya, tetapi yang paling menyakitkan baginya adalah saat di Taif, ketika dilempari dengan batu oleh orang-orang jahiliyah, tetapi pemberian dari Allah adalah perjalanan Isra dan Miraj.

Khaled menjelaskan bahwa salah satu bentuk kasih sayang Allah kepada hamba-Nya adalah memberi tanda-tanda kepada mereka untuk meyakini kasih sayang-Nya pada malam Lailatul Qadar, kemudian memberikan bantuan kepada mereka.

Tanda mendapatkan lailatul qadar...

Terpopuler