Dishub Bantul Lakukan Ramp Check Jip wisata di Parangtritis dan Mangunan

Red: Fuji Pratiwi

Ahad 07 Apr 2024 03:30 WIB

Pelaku wisata membersihkan tumpukan sampah yang berserakan di kawasan Pantai Cemara Sewu, Parangtritis, Kretek, Bantul, DI Yogyakarta, Ahad (16/10/2022). Foto: ANTARA/Hendra Nurdiyansyah Pelaku wisata membersihkan tumpukan sampah yang berserakan di kawasan Pantai Cemara Sewu, Parangtritis, Kretek, Bantul, DI Yogyakarta, Ahad (16/10/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta telah melakukan pemeriksaan kelainan kendaraan atau ramp check terhadap jip wisata yang ada di kawasan wisata Pantai Parangtritis dan objek wisata Mangunan menjelang libur panjang hari raya Lebaran 2024.

"Beberapa hari lalu kita sudah melakukan ramp check terhadap jip wisata baik yang ada di kawasan Parangtritis maupun yang ada di Mangunan, hasilnya sebagian besar memang layak pakai," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul Singgih Riyadi di Bantul, Sabtu (6/4/2024).

Baca Juga

Dia mengatakan, sebagian besar jip wisata di kawasan wisata Bantul layak pakai. Namun diakui ada beberapa unit kendaraan yang pemerintah rekomendasikan untuk perbaikan atau penggantian komponen terutama untuk rem.

"Kemarin ada beberapa untuk rem yang memang perlu perbaikan. Kemudian kami sarankan sabuk pengaman dan helm bagi pengemudi maupun penumpang juga dilengkapi, untuk keselamatan," kata Singgih.

Dia melanjutkan, berkaitan dengan itu pula, pihaknya bersama dengan Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas III Yogyakarta dan Kepolisian Resor (Polres) Bantul dan pihak Jasa Raharja telah mengadakan rapat koordinasi. Dari hasil koordinasi lintas sektor tersebut, kata dia, ada arahan dan rekomendasi agar wisatawan yang menggunakan jip wisata di kawasan wisata itu dimasukkan dalam asuransi oleh pengelola jasa usaha pariwisata itu.

"Ada saran dari Jasa Raharja sebaiknya kepada para penumpang ini dimasukkan asuransi. Ini sudah dilakukan khususnya teman-teman pengelola jip wisata di Mangunan sebagian besar diasuransikan, mudah mudahan nanti yang di Parangtritis juga mengikuti," kata dia.

Selain jip wisata, kata dia, Dishub Bantul sebelumnya juga sudah melakukan ramp check terhadap bus pariwisata maupun angkutan lebaran lainnya di Bantul, dan hasilnya dalam kondisi layak beroperasi.

"Kemudian untuk ramp check bus pariwisata sesuai dengan program Kementerian Perhubungan, kami juga sudah melakukan jauh jauh hari ramp check di garasi garasi bus wisata," kata dia.

 

 

 

Terpopuler