Pj Gubernur Jabar Pastikan Fasilitas Penunjang Mudik Jabar telah Siaga

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Sabtu 06 Apr 2024 20:31 WIB

Pj Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Machmudin. Foto: Dok Humas Pemprov Jabar Pj Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Machmudin.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin memastikan fasilitas penunjang arus mudik Lebaran 1445 H/2024 M di Jawa Barat telah bersiaga untuk menciptakan pelaksanaan mudik berjalan aman, nyaman, dan lancar.

"Hari ini saya melihat kesiapan mudik, dimulai dari Terminal Leuwipanjang, terus posko Cileunyi, dan ini meninjau kesiapsiagaan Rumah Sakit Umum Daerah Cicalengka dalam menghadapi masa mudik lebaran," kata Bey di RSUD Cicalengka Kabupaten Bandung, Sabtu (6/4/2024).

Bey menjelaskan, pemudik yang berangkat dari Terminal Leuwipanjang terlihat tertib dan lancar, kemudian, pantauan melalui kamera CCTV yang berada di Posko Pengamanan Mudik Cileunyi sekitar pukul 11.45 WIB beberapa wilayah di Bandung Raya masih normal dan belum terjadi kepadatan.

"Tadi di Leuwipanjang kita lihat teratur lancar dan tadi juga di posko Cileunyi saya lihat tadi dari CCTV-nya belum ada lonjakan di daerah sini -Bandung Raya-, dan saya pikir kita sudah siap siaga semuanya," kata Bey.

Guna memastikan para pemudik tiba di kampung halaman dengan kondisi sehat, Bey meminta fasilitas kesehatan termasuk rumah sakit untuk melayani para pemudik yang mengalami kelelahan untuk diberikan pelayanan kesehatan secara optimal.

"Termasuk RSUD Cicalengka saya nilai cukup baik masih aman, dan pak Dirut sudah menyiapkan tim selama libur lebaran ini. Jadi saya titip mohon diperhatikan tidak hanya kalau ada kecelakaan, tetapi juga pelayanan lainnya harus tetap diperhatikan. Kita tidak tahu ada yang panas ada yang sakit tetap harus dilayani jangan sampai cuti menjadi alasan untuk menurunkan kualitas rumah sakit," katanya.

Sementara itu, Direktur Utama RSUD Cicalengka Achmad Hanafi memastikan pelayanan selama Hari Raya Idul Fitri akan berjalan dengan optimal.

Ia pun bersama jajarannya berkomitmen untuk memberikan pelayanan 24 jam bagi pemudik yang mengalami kelelahan dan membutuhkan pertolongan pertama.

"Selama ini berjalan dengan baik, Alhamdulillah, IGD dengan Rawat Inap terus kita tidak ada off, kita memberikan pelayanan 24 jam," kata Achmad.

Terpopuler