Sejak Dini Hari, Jalur Menuju Pelabuhan Merak Padat Merayap

Red: Erdy Nasrul

Sabtu 06 Apr 2024 15:00 WIB

Sejumlah kendaraan pemudik terjebak kemacetan di ruas Gerbang Tol Merak di Cilegon, Banten, Sabtu (6/4/2024). Kemacetan sepanjang tujuh kilometer yang terjadi di ruas Gerbang Tol Merak yang akan menuju pelabuhan tersebut diakibatkan tingginya volume kendaraan pemudik sehingga kepolisian harus melakukan pengalihan arus lalu lintas untuk mencegah penumpukan kendaraan. Foto: Republika/Putra M. Akbar Sejumlah kendaraan pemudik terjebak kemacetan di ruas Gerbang Tol Merak di Cilegon, Banten, Sabtu (6/4/2024). Kemacetan sepanjang tujuh kilometer yang terjadi di ruas Gerbang Tol Merak yang akan menuju pelabuhan tersebut diakibatkan tingginya volume kendaraan pemudik sehingga kepolisian harus melakukan pengalihan arus lalu lintas untuk mencegah penumpukan kendaraan.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Pergerakan lalu lintas (lalin) arus mudik Lebaran dari Jakarta menuju arah Pelabuhan Merak di Gerbang Tol Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten, pada H+4 Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 terpantau ramai.

Berdasarkan pantauan di lapangan pada Sabtu dini hari, sejumlah arus lalu lintas yang didominasi kendaraan pribadi dan bus penumpang menuju penyebrangan Pelabuhan Merak-Bakauheni terlihat ramai, namun dalam kondisi terkendali.

Baca Juga

Begitu juga situasi di beberapa pintu Gerbang Tol Cikupa yang di operasikan tersebut juga terlihat sibuk, dikarenakan adanya sejumlah kendaraan atau pengemudi melakukan transaksi pembayaran tol.

Sedangkan di empat pintu arah sebaliknya yaitu menuju daerah Jakarta masih landai.

Kepala Satuan Patroli Jalan Raya (Kasat PJR) Tol Tangerang-Merak, Kompol Wiratno mengatakan bahwa volume kendaraan di Tol Tangerang-Merak saat ini mengalami peningkatan, tetapi masih dalam kondisi wajar atau normal.

"GT Cikupa ramai lancar, antrian sampai 200 meter ke belakang," ucapnya.

Ia pun mengimbau, kepada para pengendara atau pemudik agar selalu berhati-hati selama dalam perjalanan dan selalu mengecek kondisi fisik pribadi dan kendaraan yang digunakan.

Sementara itu, sejak H-6 Lebaran, Astra Infra mencatat adanya peningkatan jumlah kendaraan yang melintas di ruas tol Astra Infra. Secara total, sebanyak 305 ribu kendaraan melintasi ruas Tangerang-Merak, Cipali, dan Jombang - Mojokerto pada 04 April 2024.

Secara akumulasi, sejak 31 Maret hingga 4 April 2024, total sekitar 1,3 juta kendaraan telah melintasi ketiga ruas tol tersebut. Peningkatan signifikan mulai terjadi pada beberapa titik di ruas tol Astra Infra seperti Gerbang Tol Merak, dan juga ruas tol Cikopo-Palimanan.

Adapun pemantauan lalu lintas yang dilakukan Astra Infra menunjukkan data sebagai berikut; Astra Infra Tollroad Tangerang-Merak, tercatat total sekitar 176 ribu kendaraan melintas pada 4 April 2024. Pada hari tersebut, tercatat sekitar 52 ribu kendaraan melintas memasuki ruas Tangerang Merak melalui entrance Gerbang Tol Cikupa, meningkat sekitar 9,4 persen dibandingkan lalu lintas harian (LHR) normal.

Sedangkan jumlah kendaraan dari arah Jakarta yang menuju ke Gerbang Tol Merak tercatat sekitar 17 ribu kendaraan, meningkat 76 persen dibandingkan LHR, meningkat sekitar 33 persen dari hari sebelumnya.

Adapun sejak 31 Maret 2024 hingga 4 April 2024 tercatat total sekitar 825 ribu kendaraan telah melintasi ruas Tol Tangerang-Merak.

Selanjutnya, Astra Infra Tollroad Cikopo-Palimanan pada 4 April 2024 mencatatkan sekitar 94 ribu kendaraan melintas di Ruas Tol Cipali. Jumlah tersebut mengalami peningkatan 88 persen dibandingkan lalu lintas harian normal, atau sekitar 31,9 persen dibandingkan hari sebelumnya.

Sejak 31 Maret 2024 hingga 4 April 2024, tercatat total sekitar 336 ribu kendaraan telah melintasi ruas Cikopo-Palimanan. Sedangkan di tanggal 5 April 2024 Astra Tol Cipali memprediksi sebesar 105 ribu kendaraan melintas di Ruas Tol Cipali.

Adapun di Astra Infra Tollroad Jombang-Mojokerto, terhitung sekitar 34 ribu kendaraan melintas pada 4 April 2024. Jumlah tersebut mengalami peningkatan 25% dibandingkan lalu lintas harian normal, atau meningkat 21 persen dari hari sebelumnya.

Sejak 31 Maret 2024 hingga 4 April 2024, tercatat total sekitar 143 ribu kendaraan telah melintasi ruas Tol Jombang-Mojokerto.

Terpopuler