Mudik Lebaran? Pastikan Hewan Peliharaan Sehat Sebelum Dititipkan

Red: Ani Nursalikah

Jumat 05 Apr 2024 21:07 WIB

Seekor kucing disuntik vaksin rabies. Foto: Republika/Putra M. Akbar Seekor kucing disuntik vaksin rabies.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter hewan lulusan Universitas Brawijaya Nathanya Rizkiani mengingatkan untuk memastikan hewan peliharaan dalam kondisi sehat sebelum dititipkan dalam jangka waktu tertentu di tempat penitipan hewan.

"Kita perhatikan dia itu sehat, nafsu makannya baik, tidak ada muntah atau diare, dan tidak sedang flu. Kemudian, kita perhatikan apakah dia terlihat kurus, khawatirnya ada gejala penyakit yang kita tidak tahu," kata Nathanya saat ditemui di kawasan Karet Tengsin, Jakarta Pusat, Jumat (5/4/2024).

Baca Juga

Nathanya juga menganjurkan hewan peliharaan telah menerima vaksin lengkap serta obat cacing dan kutu agar tidak menularkan penyakit maupun parasit ke hewan peliharaan lainnya.

Kegiatan mudik ke kampung halaman selama beberapa hari membuat hewan peliharaan menjadi luput dari pengawasan dan perhatian pemiliknya. Oleh karena itu, Nathanya menganjurkan untuk menitipkan hewan peliharaan ke tempat penitipan hewan yang dilengkapi tenaga profesional di bidangnya.

Dengan menitipkan ke penitipan hewan, kebutuhan sehari-hari tetap dapat terpenuhi dan kondisi kesehatannya terus terpantau sepanjang waktu. Hewan peliharaan yang ditinggal sendiri di rumah dan hanya diberikan bekal untuk beberapa hari berisiko mengonsumsi makanan yang tidak higienis.

Selain itu, kondisi kesehatan dan perilaku peliharaan menjadi tidak terawasi yang berisiko dapat membahayakan dirinya sendiri.

Kalau kita biarkan makanan yang kita tinggal lama...

Terpopuler