Isuzu Lepas Pemudik dalam Program Mudik Gratis Bagi Sopir Hari Ini

Rep: Fergi Nadira/ Red: Friska Yolandha

Jumat 05 Apr 2024 13:59 WIB

Isuzu melepas pemudik dalam program mudik gratis Ditemani yang Sejalan bagi para sopir, Bekasi, Jumat (5/4/2024) Foto: Republiika/Fergi Nadira Isuzu melepas pemudik dalam program mudik gratis Ditemani yang Sejalan bagi para sopir, Bekasi, Jumat (5/4/2024)

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) secara resmi melepas keberangkatan para pemudik yang tergabung dalam program "Ditemani yang Sejalan" mudik gratis bagi pengemudi atau sopir, Jumat (5/4/2024). Lebih dari 50 pengemudi beserta keluarganya siap pulang kampung dalam momen Lebaran 1445 Hijriah ke sejumlah tujuan.

Kasubdit Angkutan Perkotaan Kementerian Perhubungan RI Iman Sukandar mengapresiasi program mudik gratis bagi para pengemudi yang digelar Isuzu. Menurut dia, program ini membantu kemudahan pergerakan masyarakat selama masa Idul Fitri kali ini.

Baca Juga

"Kami mencatat ada pergerakan 193,6 juta orang pada musim mudik lebaran kali ini, dan mudik gratis seperti ini akan sangat membantu terhadap pergerakan tersebut," tutur Iman di acara pelepasan mudik bersama Isuzu di Isuzu Training Center, Kota Bekasi, Jumat.

Presiden Direktur PT IAMI Yusak Kristian mengatakan, antusias para pengemudi yang ikut dalam program ini sangat tinggi. Dia pun mengapresiasi para pengemudi yang setiap hari berjibaku dengan jalanan sehingga program ini berguna dan bermanfaat untuk mereka dan keluarganya.

"Kami mengapresiasi rekan-rekan pengemudi yang setiap hari sangat kerja keras di jalanan, para driver yang menjadi pejuang jalanan ini hari ini berangkat mudik Lebaran dan mudah-mudahan program mudik gratis ini membawa kebahagiaan bersama keluarga," ujar Yusak dalam kesempatan yang sama.

Yusak menuturkan program ini juga untuk menghindari risiko kecelakaan dari banyaknya pengemudi yang menggunakan sepeda motor. Sebab, banyak masyarakat nekat mudik menggunakan sepeda motor karena kehabisan tiket.

"Faktor keamanan kita juga perhatikan dalam menggelar program mudik ini. Risiko kecelakaan pada pemudik pengemudi motor kita hindari melalui program seperti ini. Sekali lagi selamat jalan para peserta mudik "Ditemani yang Sejalan" dari Isuzu semoga selamat sampai tujuan," pungkasnya.

Deputy Business Strategy Division Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Rian Erlangga mencatat sebanyak 50 pengemudi mobil pikap, mikrobus, dan truk yang terpilih mendapat fasilitas untuk pulang kampung bersama keluarga ke lima kota tujuan, yakni Solo, Yogyakarta, Malang, Surabaya, dan sejumlah daerah lain di Jawa Tengah. Namun program ini hanya berlaku untuk keberangkatan saja.

"Program ini merupakan yang pertama kalinya digelar oleh kami, dan mungkin pertama di Indonesia yang menggelar mudik gratis untuk para pengemudi. Kami sangat gembira animo pengemudi yang mengikuti program ini dan tentunya bagaimana kita berkontribusi bagi industri otomotif kita," ujarnya.

Peserta mudik gratis, Yarno merasa sangat bersyukur atas terselenggaranya program ini. Dia dan keluarga hendak mudik ke kampung halaman di Yogyakarta menggunakan bus armada Isuzu.

"Ya alhamdulillah bersyukur banget ini saya sama istri dan dua anak bisa ikut mudik gratis," kata Yarno yang bekerja sebagai sopir proyek.

Peserta lain Heru Sukoco mengungkapkan hal serupa atas program yang diselenggarakan Isuzu dengan berbagai fasilitasnya. Heru yang bekerja sebagai pengemudi itu membawa istri dan satu anaknya untuk pulang ke kampung halamannya di Solo.

"Alhamdulillah senang dengan adanya program ini bisa pulang kampung juga bareng driver driver lain ini," katanya.

Isuzu memberangkatkan lebih dari 50 keluarga terpilih di program Isuzu mudik gratis "Ditemani yang Sejalan" dari Isuzu Training Center, Pondok Ungu, Bekasi. Para pemudik ini diantarkan dengan menggunakan 5 unit Isuzu Elf NQR B dan 5 unit Isuzu Elf NLR Microbus ke lebih dari 5 kota tujuan yakni Surabaya, Malang, Yogyakarta, Solo, dan beberapa di Jawa Tengah lainnya.

Pilihan Isuzu Elf NQR B sebagai salah satu kendaraan untuk program Isuzu Mudik Gratis bukan tanpa alasan. Selain memiliki berbagai kelebihan seperti memiliki panjang total hingga 7,4 meter yang bisa menampung banyak penumpang dengan jumlah seat maksimal hingga 33 orang, Isuzu pun membekali mesin Common Rail 4HL-TCS dengan tenaga 150 PS yang irit dan handals erta tangguh di segala medan.

Selain itu, Isuzu juga menyiapkan kendaraan microbus yakni Isuzu ELF NLR B yang nyaman dengan kapasitas hingga 19 orang penumpang (untuk tipe Long). Saat ini Isuzu ELF NLR B telah menggunakan teknologi mesin Common Rail 4JJ1-TCC yang dilengkapi Exhaust Gas Recirculation (EGR) dan Diesel Oxidation Catalyst (DOC) dan transmisi baru dengan 6 tingkat percepatan sehingga mampu menghasilkan emisi gas buang berstandar Euro4 serta memaksimalkan efisiensi bahan bakar.

 

Terpopuler