Antisipasi Kemacetan Mudik Lebaran, Polres Cirebon Terjunkan Tim Khusus

Red: Erdy Nasrul

Jumat 05 Apr 2024 16:00 WIB

Polisi lalu lintas atur lalu lintas pada musim mudik lebaran 2024. Foto: Edi Yusuf/Republika Polisi lalu lintas atur lalu lintas pada musim mudik lebaran 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cirebon Kota, Jawa Barat, mengerahkan tim urai untuk memberlakukan rekayasa lalu lintas dalam menghadapi kepadatan kendaraan di Jalan Tol Palikanci selama arus mudik dan arus balik pemudik Lebaran 2024.

Kepala Satlantas Polres Cirebon Kota AKP Ngadiman di Cirebon, Jumat, mengatakan tim urai tersebut nantinya menyisir ruas tol itu serta bertindak cepat saat terjadi kepadatan agar laju kendaraan tidak tersendat. 

Baca Juga

“Untuk antisipasi kepadatan tentunya kami sudah menyediakan rekayasa dan tim urai yang nantinya siaga apabila ada kepadatan,” ujarnya.

Menurut dia, para petugas pun akan mengidentifikasi berbagai macam potensi yang dapat menghambat laju kendaraan di Jalan Tol Palikanci.

Setelahnya tim urai tersebut langsung menerapkan rekayasa lalu lintas yang diperlukan, supaya situasi ruas tol di wilayah hukum Polres Cirebon Kota tetap terkendali.

“Tim urai di bertugas menangani kepadatan yang disebabkan karena kendaraan mogok maupun kecelakaan. Mereka mendatangi lokasi itu, untuk melakukan pengamanan dan rekayasa lalu lintas,” katanya. 

Ngadiman menyebut bahwa polisi bakal memberikan imbauan serta teguran terhadap pengendara yang berhenti di bahu jalan tol, karena bisa mengganggu laju kendaraan lain.

Kasatlantas memastikan penanganan juga diterapkan pada Rest Area KM 207 Tol Palikanci, yang saat ini mulai didatangi pemudik. 

“Kami melakukan buka tutup pada jalur di rest area apabila terjadi kepadatan, yang sudah mengganggu jalur utama. Beberapa personel akan ditempatkan di pintu masuk rest area,” katanya.

Selain itu, Satlantas Polres Cirebon Kota melakukan pengaturan terhadap parkir kendaraan sehingga daya tampung di rest area itu mencukupi untuk mengakomodir pemudik yang hendak beristirahat. 

“Pengendara diimbau saat di dalam rest area untuk menggunakan waktu istirahat seperlunya, yaitu kurang lebih 30 menit. Setelahnya segera meninggalkan rest area agar bergantian dengan yang lain,” tuturnya.

Ngadiman menambahkan pada H-5 Idul Fitri 1445 Hijriah, arus lalu lintas di Jalan Tol Palikanci terpantau masih ramai lancar dan tidak ada hambatan yang mengganggu laju kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa maupun sebaliknya.

“Sampai saat ini bisa dilihat bahwa masih lancar dan kendaraan menuju rest area tidak ada antrean. Kalau peningkatan terjadi pada jam tertentu menjelang waktu subuh, maghrib dan dzuhur,” ucap dia. 

Sebelumnya, Polres Cirebon Kota mengerahkan sebanyak 428 personel yang tersebar menempati 17 posko di jalur arteri maupun ruas tol untuk mengamankan arus mudik dan balik Lebaran di wilayahnya.

Terpopuler