ASDP Terapkan Sistem Buffer Zone Saat Mudik, Catat Titiknya!

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ahmad Fikri Noor

Kamis 04 Apr 2024 22:28 WIB

Jajaran direksi memberikan paparan mengenai kesiapan angkutan lebaran ASDP 2024, di Jakarta, Rabu (3/4/2024). Foto: Dok Republika Jajaran direksi memberikan paparan mengenai kesiapan angkutan lebaran ASDP 2024, di Jakarta, Rabu (3/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) akan menerapkan sistem penundaan atau delaying system untuk memperlancar arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 2024. Hal tersebut dilakukan melalui penyediaan titik zona penyangga atau buffer zone di rest area

“Langkah ini merupakan salah satu fasilitas tambahan sebagai poin kritikal dalam mengurai arus kendaraan di kawasan pelabuhan,” kata Direktur Komersial dan Pelayanan ASDP M Yusuf Hadi, Kamis (4/4/2024). 

Baca Juga

Dia menjelaskan, pada masa mudik tahun ini diproyeksikan terjadi peningkatan produksi sebesar 15 pesen untuk penumpang dan 14 persen untuk kendaraan. Total produksi di delapan lintas pantauan nasional sejumlah 5,78 juta penumpang dan 1,37 juta kendaraan sehingga ASDP mengambil langkah antisipasi dengan penerapan delaying system.

“Kelancaran arus mudik Lebaran 2023 salah satunya didukung dengan adanya penerapan sistem penundaan melalui penyediaan titik lokasi zona penyangga di beberapa titik sehingga langkah tersebut akan diberlakukan kembali pada angkutan lebaran tahun ini,” ungkap Yusuf. 

Berikut titik buffer zone yang akan diterapkan saat arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 2024: 

- Arah menuju Pelabuhan Merak

Rest Area kilometer 43 dan kilometer 68, 

Lahan Munic

Cikuasa Atas

- Arah Pelabuhan Bakauheni

Rest Area kilometer 87B, 67B, 49B, 33B, 20B

Jalur Arteri Gayam

Kantor Lama Balai Karantian Pertanian

RM Gunung Jati

- Arah Pelabuhan Ketapang 

Terminal Sritanjung

Grand Watudodol

Lapangan Bola Areba

Jalur Lingkar

- Arah Pelabuhan Gilimanuk

Terminal Kargo

UPPKB Cekik

Terminal Bus

- Arah Pelabuhan Jangkar

Lahan Parkir Paguyuban Petani Tebu

- Arah Pelabuhan Lembar

Terminal Sigenter dan Lapangan Parkir PDS

Terpopuler