Pelabuhan Merak Pasang Seratusan CCTV Pantau Arus Mudik 2024

Red: Ani Nursalikah

Kamis 04 Apr 2024 21:09 WIB

Sejumlah pemudik berada diluar kendaraannya saat menunggu bongkar muat kapal di Pelabuhan Eksekutif Merak, Kota Cilegon, Banten, Sabtu (30/3/2024). Jelang Lebaran 2024, arus mudik penyeberangan Merak-Bakauheni masih terpantau sepi pemudik dan diprediksi puncak mudik akan terjadi pada pada 6-7 April 2024. Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas Sejumlah pemudik berada diluar kendaraannya saat menunggu bongkar muat kapal di Pelabuhan Eksekutif Merak, Kota Cilegon, Banten, Sabtu (30/3/2024). Jelang Lebaran 2024, arus mudik penyeberangan Merak-Bakauheni masih terpantau sepi pemudik dan diprediksi puncak mudik akan terjadi pada pada 6-7 April 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, CILEGON -- Sebanyak 146 CCTV dipasang di Pelabuhan Merak, Banten untuk mengawasi arus mudik serta mengantisipasi adanya aksi kejahatan saat arus mudik lebaran 2024 di sekitar Pelabuhan.

 

Baca Juga

"Pemasangan CCTV di beberapa titik ini bertujuan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, serta untuk memberikan kenyamanan bagi pemudik," kata General Manager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Utama Merak, Suharto, Kamis (4/4/2024).

 

Ia memastikan semua area di Pelabuhan Merak telah terpasang CCTV, terutama pada area-area umum di sekitar Pelabuhan.

 

"Totalnya ada 146 CCTV yang terpasang, dengan adanya pemasangan CCTV ini kita juga jadi lebih mudah dalam melakukan pengawasan," kata Suharto.

 

Selain itu, untuk kesiapan ASDP saat ini di Pelabuhan Merak telah mengoperasikan sebanyak tujuh dermaga. Satu dermaga untuk kapal ekspres dan enam dermaga lainnya untuk dermaga reguler.

 

Ia menjelaskan, saat ini seluruh dermaga yang ada di Pelabuhan Merak sudah bisa disandari oleh semua kapal-kapal besar, karena sudah ada peningkatan pada kapasitas dermaga yaitu di dermaga 2.

 

"Pada tahun ini ada peningkatan kapasitas dermaga yakni di dermaga 2, yang tahun lalu hanya bisa disandari kapal-kapal di bawah 10.000 tapi pada tahun ini bisa disandari kapal di atas 10 ribu. Artinya tahun ini, seluruh dermaga yang ada di Pelabuhan Merak ini sudah bisa disandari semua kapal-kapal besar," kata Suharto.

 

Sementara untuk antisipasi adanya lonjakan jumlah pemudik, saat puncak arus mudik Lebaran nanti, ia mengaku sudah mempersiapkannya sejak jauh hari dengan adanya pembagian lokasi penyeberangan, diantaranya di Ciwandan, BBJ Bojonegara, dan Merak.

Terpopuler