Car Free Night di Malioboro Ditiadakan Selama Libur Lebaran 2024

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Ani Nursalikah

Kamis 04 Apr 2024 19:10 WIB

Wisatawan naik andong saat Car Free Night di Malioboro, Danurejan, Yogyakarta. Foto: ANTARA/Hendra Nurdiyansyah Wisatawan naik andong saat Car Free Night di Malioboro, Danurejan, Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Sejumlah rekayasa lalu lintas disiapkan di kawasan Malioboro selama masa libur Lebaran Idul Fitri 2024. Hal ini mengingat diperkirakan akan terjadi peningkatan volume kendaraan yang signifikan selama libur Lebaran di Kota Yogyakarta, utamanya di kawasan Malioboro.

Kapolresta Yogyakarta Kombes Pol Aditya Surya Dharma mengatakan, salah satu rekayasa lalu lintas yang dilakukan yakni penerapan car free night (CFN) akan ditiadakan di Malioboro selama libur Lebaran. Car free night ini biasanya diterapkan di Malioboro pada pukul 18.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Baca Juga

“CFN yang biasa dilakukan pada pukul 18.00-21.00 WIB untuk sementara ditiadakan,” kata Aditya dalam keterangan resminya, Kamis (4/4/2024).

Selain itu, pengalihan arus lalu lintas juga akan dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan arus mudik dan arus libur Lebaran di Malioboro. Aditya mengatakan jika terjadi arus lalu lintas padat lancar dari Jalan Kliringan, kendaraan akan diarahkan memutar arah ke Kridosono.

“Selanjutnya menuju simpang Legend dan Jalan Abu Bakar Ali,” ujar Aditya.

Sementara itu, jika arus lalu lintas padat merayap, pintu masuk ke Malioboro hanya dibuka satu arus melalui Jalan Mataram. Untuk itu, masyarakat pun diminta memahami kondisi ini mengingat nantinya Malioboro diprediksi akan dipadati kendaraan maupun kunjungan wisatawan dan pemudik.

“Kepada seluruh pengguna jalan, mohon dimaklumi adanya rekayasa lalu lintas ini. Utamakan keselamatan saat berkendara,” jelasnya.

Terpopuler