Jaga Stabilitas Pangan di Papua, Pasar Murah Ramadhan Sediakan 12 Kg Daging Sapi

Red: Erdy Nasrul

Kamis 04 Apr 2024 18:00 WIB

Pedagang melayani pembeli daging sapi. Foto: ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas Pedagang melayani pembeli daging sapi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menyediakan daging sapi 125 kilogram di setiap pelaksanaan kegiatan pasar murah yang dilakukan selama bulan Ramadhan 1445 Hijriah di Bumi Cenderawasih.

Pelaksana tugas (Plt) Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Papua Suzana Wanggai di Jayapura, Kamis, mengatakan pada kegiatan pasar murah menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, pihaknya menyediakan daging sapi lokal.

Baca Juga

“Selama bulan Ramadhan kami telah menggelar pasar murah sebanyak 20 kali yang tersebar di rumah-rumah ibadah baik masjid maupun gereja,” katanya.

Menurut Suzana, untuk itu kepada masyarakat bisa memanfaatkan hadirnya pasar murah yang telah dilakukan oleh pemerintah dengan begitu dapat menjaga stabilitas harga.

“Harga-harga yang ada di pasar murah terjangkau karena adanya subsidi dari pemerintah. Oleh sebab itu kami harap masyarakat bisa memanfaatkan momen ini,” ujarnya.

Seperti harga bawang putih di pasaran Rp60 ribu per kilogram namun di pasar murah Rp45 ribu, lalu ada daging sapi Rp150 per kilogram namun di pasar murah dijual dengan harga Rp125 ribu per kilogram, lalu ayam di luar Rp95 ribu di pasar murah Rp60 ribu per ekor.

“Kami juga menggandeng Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) di Papua sehingga masyarakat ketika datang ke pasar murah bisa juga berbelanja kebutuhan lainnya,” katanya lagi.

Dia menambahkan kegiatan pasar murah ini juga dilakukan dalam rangka membantu masyarakat di Bumi Cenderawasih dengan begitu perputaran ekonomi di wilayah setempat lebih terasa.

“Oleh sebab itu kegiatan pasar murah yang dilakukan pemerintah ini merupakan kolaborasi bersama pihak terkait dalam rangka menjaga stabilitas harga di Papua,” ujarnya.

Terpopuler