Bey Machmudin Pastikan Kesiapan Arus Mudik di Jabar

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Muhammad Hafil

Kamis 04 Apr 2024 05:56 WIB

Pemudik (ilustrasi) Foto: Republika/Wihdan Hidayat Pemudik (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, memastikan kesiapan arus mudik lebaran Idulfitri 2024 di Jawa Barat. Ia mengatakan, pemerintah telah melakukan berbagai persiapan untuk mendukung kelancaran arus mudik.

Bey pun mengimbau masyarakat agar juga mempersiapkan diri serta kendaraan yang akan digunakan saat mudik nanti.

Baca Juga

"Kesiapan ya tadi pagi apel untuk siap siagaan dan tentunya sudah siap semuanya dan pertama dari sisi masyarakatnya misalnya bawa mobil sendiri siapkan kendaraan dengan baik. Jangan sampai ada kendala di jalan. Dari sisi kami semuanya sudah siap baik infrastruktur, jalan berlubang segala macam sudah siap," jelas Bey di gedung Kemensetneg, Jakarta, Rabu (4/4/2024).

Selain itu, Pemprov Jabar juga berkoordinasi baik dengan kepolisian, BMKG, maupun BNPB, serta berbagai pihak terkait untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan maupun adanya potensi bencana.

"Jadi informasi tidak hanya BMKG tapi juga informasi terkait dengan jalan macet, alternatif, jadi itu harus cepat terutama yang misalnya sekarang contraflow dibuka kan harus cepet informasi, jangan sampai masyarakat tidak tahu atau kejebak macet," ujar Bey.

Pemprov Jabar juga telah menyiapkan berbagai destinasi pariwisata dalam rangka libur lebaran nanti. Bey menyebut, pemprov saat ini tengah mengembangkan pariwisata di daerah Majakuning yaitu Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan.

"Kenapa di sana? Karena kami punya Kertajati, bandara dan kami mengembangkan di sana. Tapi secara keseluruhan Jawa Barat sudah siap karena kami punya potensi pariwisata dari pantai sampai pegunungan ada semua di Jawa Barat," jelas Bey.

Terpopuler