Pelabuhan Ciwandan Mulai Layani Pemudik Hari Ini

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Bilal Ramadhan

Rabu 03 Apr 2024 21:53 WIB

Ratusan pemudik motor dari Pelabuhan Ciwandan, Banten. Pelindo membuka Pelabuhan Ciwandan untuk truk dan motor kurangi kepadatan Merak. Foto: Republika/Mursalin Yasland Ratusan pemudik motor dari Pelabuhan Ciwandan, Banten. Pelindo membuka Pelabuhan Ciwandan untuk truk dan motor kurangi kepadatan Merak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) menyiapkan Pelabuhan Ciwandan pada masa mudik lebaran 2024. Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo Ardhy Wahyu Basuki berharap Pelabuhan Ciwandan dapat mengurai kepadatan dan memperlancar arus kendaraan di Pelabuhan Merak dan Bakauheni. 

"Pelabuhan Ciwandan kita siapkan untuk truk dan motor karena Merak sudah sangat crowded (ramai)," ujar Ardhy saat berbincang di ruang media Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (3/4/2024).

Baca Juga

Ardhy menyampaikan Pelindo Regional 2 Banten menyediakan fasilitas dermaga 05A, dermaga 03 dan dermaga 07 kemudian menyiapkan area lapangan parkir (buffer area) dan back up area untuk motor seluas 7.000 meter persegi dengan kapasitas 2.000 unit dan area lapangan (buffer area) truk seluas 25 ribu meter persegi dengan kapasitas 200 unit. Ardhy mengatakan Pelabuhan Ciwandan sudah mulai beroperasi sejak 3 April hingga 9 April 2024.

"Ini diharapkan Ciwandan bisa membantu mengurai antrean maupun crowded di Merak. Pelabuhan Ciwandan akan kita fungsikan sebagai support arus mudik mulai H-7 sampai H-1," ucap Ardhy.

Berdasarkan pengalaman tahun lalu, Ardhy menyampaikan kehadiran Pelabuhan Ciwandan sangat membantu mengurai kepadatan kendaraan maupun penumpang di Pelabuhan Merak. Ardhy berharap Pelabuhan Ciwandan dapat menjadi solusi dalam mewujudkan pelayanan mudik yang aman dan nyaman kepada masyarakat.

Terpopuler