Mudik Jarak Jauh, Dokter Anjurkan Pakai Kendaraan Umum

Red: Reiny Dwinanda

Rabu 03 Apr 2024 19:55 WIB

Sejumlah pemudik menunggu kedatangan kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (1/4/2024). Hari ini sejumlah penumpang mulai memadati Stasiun Pasar Senen, untuk menuju ke kampung halaman dalam menyambut Idulfitri. Walaupun mulai padat, namun situasi masih kondusif. Sejumlah calon penumpang memilih mudik lebih awal untuk menghindari kepadatan jelang Lebaran Idul Fitri 1445 H. Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat untuk mudik Lebaran tahun ini lebih awal, Diperkirakan akan terjadi peningkatan jumlah pemudik dengan total sekitar 190 juta orang atau meningkat 56 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Foto:

1

Dalam kesempatan itu, dr Nings juga mengingatkan untuk melakukan upaya-upaya menjaga kesehatan jauh hari sebelum mudik. Biasakan menyantap makanan bergizi yang tidak memicu penyakit pribadi, olahraga yang rutin, dan istirahat yang cukup agar badan terasa nyaman di perjalanan.

Selain itu, jangan lupa mempersiapkan perbekalan yang cukup, seperti obat-obatan atau minuman agar tidak dehidrasi di jalanan. Dia juga menyebut bahwa peregangan perlu dilakukan.

Duduk terlalu lama dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Dokter Nings juga mengatakan survei sebelum mudik perlu dilakukan guna memetakan fasilitas kesehatan terdekat apabila terjadi gangguan kesehatan.

"Makanya kan persiapan kesehatan itu sangat penting sebelum kita melakukan perjalanan jauh. Karena mungkin kadang-kadang orang itu gak punya penyakit apa-apa. Tetapi tiba-tiba karena capek, karena dehidrasi, karena apa, tiba-tiba di jalan bisa terjadi masalah kesehatan yang cukup berbahaya," ujarnya.

Terpopuler