Tol Fungsional Solo-Yogyakarta Dibuka Sepanjang 22 Km Saat Arus Mudik

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Bilal Ramadhan

Rabu 03 Apr 2024 14:22 WIB

Jalur fungsional Jalan Tol Solo-Yogyakarta. Jasa Marga sebut Tol Solo-Yogyakarta akan dibuka secara fungsional sepanjang 22 km. Foto: Dok Jasamarga Jogja Solo Jalur fungsional Jalan Tol Solo-Yogyakarta. Jasa Marga sebut Tol Solo-Yogyakarta akan dibuka secara fungsional sepanjang 22 km.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO – PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) melakukan pengecekan kesiapan jalan tol Solo-Yogyakarta yang akan digunakan sebagai jalur fungsional. Tol Fungsional  tersebut akan dibuka pada pukul 6.00 WIB hingga 17.00 WIB dan tidak dipungut biaya bagi pengguna. 

Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) Rudy Hardiansyah menjelaskan setidaknya jalur tol sepanjang 22 kilometer yang akan dioperasikan tahun ini. Dimana jalur tersebut diperuntukkan untuk pemudik dari arah Yogyakarta. 

Baca Juga

"Jadi rencananya fungsional akan kita berlakukan dari jam 6 pagi sampai jam 5 (17.00) sore. Karena ini masih dalam tahap konstruksi kita tidak operasikan sampai malam," kata Rudy (2/4/2024).

Rudy mengatakan tol fungsional tidak akan dipungut biaya alias gratis. Untuk fase mudik dimulai tanggal 5-11 April. Sedangkan arus balik dari Yogyakarta, Klaten hingga Kartasura akan dimulai usai Lebaran 12 hingga 15 April 2024. 

"Untuk tol ini kita gratiskan ya. Berlaku satu arah dan hanya satu lajur yang kita gunakan," katanya. 

Rudy juga mengatakan pembukaan jalur fungsional dimulai dari gerbang tol (GT) Colomadu hingga GT Ngawen, Klaten, Jawa Tengah. Dimana ada sejumlah pos keamanan dan pos pelayanan gabungan dari Jasamarga, Kepolisian, Dinas Kesehatan serta instansi terkait yang akan disiagakan untuk mendukung kelancaran proses arus mudik dan balik.

"Nanti kita siapkan juga SPBU mobile, sehingga pemudik tidak kehabisan bahan bakar minyak (BBM)," katanya.

Terpopuler