Untuk Dapat Malam Lailatul Qadar, Haruskah Itikaf di Masjid?

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah

Rabu 03 Apr 2024 14:06 WIB

Suasana Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (14/4/2023) dini hari. Foto:

1

Mereka-mereka ini masih punya kesempatan juga untuk mendapatkan kemuliaan malam Lailatul Qadar. Sebab itikaf itu bukanlah suatu kewajiban.

Hanya saja memang dengan beritikaf, kesempatan untuk terus beribadah sangatlah terbuka lebar. Orang yang beritikaf bagaimanapun keadaannya di masjid, ia tetap terhitung sebagai orang yang beri'tikaf dan tentu saja itu ibadah, walaupun ia tidur.

Keinginan untuk beribadah sangatlah besar ketika seseorang itu berada dalam masjid karena termotivasi oleh saudara-saudaranya yang sedang beritikaf juga.

Tetapi bagi yang tidak beritikaf, ia tidak bisa disebut dalam ibadah. Ibadahnya di rumah tentu tidak bisa disamakan dengan ibadahnya orang yang beritikaf karena ia mendapatkan pahala lebih dari ritual itikafnya tersebut. Juga semangat beribadah ketika berada dalam rumah tentu tidak sebesar ketika kita beritikaf di masjid.

Di rumah kita bisa saja berpaling dari ibadah ke kegiatan lain dengan sangat mudah. Sekitar kita ada ponsel, laptop yang bisa kita nyalakan kapan saja, remote control televisi yang bisa kita pencet tombolnya untuk menonton. Fokus ibadahnya pun menjadi buyar karena banyak gangguannya. Itu berbeda jika kita berada dalam masjid ketika itikaf.

Menurut KH Ahmad Zarkasih dalam bukunya, orang yang beritikaf karena kedekatannya dengan ibadah di malam itu, maka kedekatannya untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar pun menjadi sangat terbuka lebar.

Terpopuler