Menhub Petakan Titik Krusial Mudik 2024

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolandha

Rabu 03 Apr 2024 12:59 WIB

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Foto: Edi Yusuf/Republika Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi resmi membuka Posko Pusat Angkutan Lebaran Terpadu 2024. Dalam pemantauan periode mudik tahun ini, Budi memastikan sudah memetakan sejumlah titik krusial yang perlu diwaspadai.

"Kita mapping di mana tempat-tempat krusial. Batam krusial. Titik krusial itu juga di Cipali," kata Budi di Gedung Kemenhub, Rabu (3/4/2024).

Baca Juga

Budi menambahkan, titik krusial juga diproyeksikan terjadi di Pelabuhan Merak dan Ketapang. Dia menuturkan, titik krusial juga terdapat di jalur laut seperti di Batam, Makassar, Balikpapan, Sulawesi Selatan, dan Madura.

Sementara itu, Budi mengatakan pergerakan masyarakat yang menggunakan transportasi udara dan kereta api relatif dapat diatasi dengan baik. "Jumlah yang kita lakukan itu relatif sudah terbentuk," tutur Budi.

Budi memastikan, trafik di Tol Cipali akan diupayakan tetap lancar dengan visi rasio 0,7. Dia menuturkan penetapan ganjil genap, sistem satu arah, dan contra flow sudah ditetapkan.

"Korlantas sudah menetapkan ganjil genap. Kalau sistem satu arah dan contra flow akan dilihat di waktu-waktu bagaimana keadaannya," ucap Budi.

Sementara untuk mengatasi kepadatan di pelabuhan, Budi mengatakan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) sudah menerapkan pembelian tiket secara daring. Penumpang maksimal harus membeli tiketnya H-1 sebelum keberangkatan.

"Kami juga menetapkan rest area menjadi tempat delay supaya tidak terjadi penumpukan di Pelabuhan Merak. Ini juga dilakukan di Ketapang dan sebagainya," jelas Budi.

Terpopuler