Amankan Idul Fitri, Ini Area-area yang Jadi Sasaran Pengamanan Basarnas

Red: Erdy Nasrul

Rabu 03 Apr 2024 15:30 WIB

Personel Basarnas bersama TNI AL dan Polairud memonitor wilayah perairan. Foto: AP Photo/Reza Saifullah Personel Basarnas bersama TNI AL dan Polairud memonitor wilayah perairan.

REPUBLIKA.CO.ID, NATUNA -Kantor Basarnas Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), menyiagakan personel dan alat utama (alut) selama mudik Lebaran 2024 atau Idul Fitri 1445 Hijriah di Kabupaten Natuna dan Kabupaten Kepulauan Anambas.

Kepala Kantor Basarnas Kabupaten Natuna Abdul Rahman di Natuna, Rabu, mengatakan personel dan alut juga disiagakan pada arus balik Lebaran 2024 guna mendukung pengaturan dan pengnedalian arus mudik dan arus balik pada dua wilayah itu agar erjalan dengan, aman, nyaman, dan memberikan kesan yang baik bagi masyarakat. 

Baca Juga

"Kita siagakan selama 15 hari mulai 3-18 April 2024," ucap dia.

Ia mengatakan para personel disiagakan di pelabuhan, bandara, tempat wisata, kapal, kantor pos, serta unit di Kabupaten Natuna dan Kabupaten Kepulauan Anambas. 

Adapun peralatan yang disiagakan antara lain KN Sasikirana, RIB, truk personel, truk kompartemen, mobil penyelemat, jet sky, dan sepeda motor trail.

"Kita juga siagakan personel di Kapal Sasikirana, di pos dan tiga unit SAR di kecamatan," katanya. 

Sebelum melakukan siaga, pihaknya menggelar apel siaga SAR khusus Lebaran 2024 di Kantor SAR Natuna, di Kecamatan Bunguran Timur.

Apel tersebut diikuti oleh sejumlah personel Basarnas Natuna guna memberikan arahan agar para personel bisa bekerja sesuai aturan yang berlaku.

Kepada para personel ia mengingatkan untuk bekerja maksimal dan melayani masyarakat dengan baik. Ia berharap siaga SAR berjalan dengan lancar dan para pemudik selamat sampai tujuan. 

"Jaga sikap selama bertugas serta berkoordinasi dan tunjukkan profesionalisme dalam bekerja," ujarnya. 

Terpopuler