Polresta Cirebon-Jabar Libatkan 1.277 Personel Bantu Pemudik Lebaran

Red: Erdy Nasrul

Rabu 03 Apr 2024 15:45 WIB

Ilustrasi pemudik. Foto: Republika/Putra M. Akbar Ilustrasi pemudik.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -Kepolisian Resor Kota (Polresta) Cirebon, Jawa Barat, mengerahkan 1.277 personel gabungan dari unsur TNI-Polri, pemerintah daerah dan instansi terkait lainnya siap dilibatkan untuk memastikan kelancaran arus mudik dan balik serta membantu pemudik Lebaran 2024 di kota setempat.

Kepala Polresta Cirebon Kombes Pol. Sumarni di Cirebon, Rabu, mengatakan seluruh personel tersebut bakal disiagakan pada 16 posko pengamanan yang berada di ruas tol hingga jalur arteri di wilayah itu.

Baca Juga

Masing-masing personel bertugas sesuai tupoksinya, misalnya petugas dari Polresta Cirebon akan melakukan pengamanan secara melekat untuk mengurai arus lalu lintas saat terjadi lonjakan kendaraan.

“Untuk personel kepolisian kami kerahkan sebanyak 872 orang. Mereka ditempatkan di 16 posko yang disiapkan. Ada di eks Gerbang Tol Palimanan, Kanci dan beberapa lainnya di arteri,” katanya. 

Sumarni menekankan bahwa keberadaan posko itu tidak hanya difungsikan untuk pengamanan, karena pemudik yang melintas di jalur Cirebon dapat memanfaatkannya sebagai tempat peristirahatan sementara.

“Setiap posko dilekatkan dengan petugas puskesmas terdekat. Sehingga masyarakat bisa mengecek kesehatannya dan beristirahat di sana,” ujarnya. 

Kapolresta menjamin langkah antisipasi pun, sudah dipersiapkan untuk menghadapi adanya peningkatan arus kendaraan pada periode Lebaran.

Salah satu contohnya di ruas tol nanti, bakal diterapkan sistem one way jika situasi lalu lintas sudah dipadati lebih dari 4.000 unit kendaraan. 

“Sejauh ini masih landai dan normal. Prediksi tanggal 5-6 April 2024 mulai ramai pemudik,” tuturnya.

Sementara itu Bupati Cirebon Imron mengatakan pihaknya siap mendukung kinerja aparat kepolisian, dalam mewujudkan kelancaran arus mudik dan balik Lebaran.

Untuk memastikan kelancaran arus mudik di wilayah Kabupaten Cirebon, pihaknya telah menggelar apel pasukan gabungan yang melibatkan seluruh instansi terkait.

“Apel gelar pasukan sudah dilakukan agar tradisi tahunan di Indonesia ini, bisa berjalan dengan lancar dan aman,” ucap dia.

Terpopuler