Destinasi Wisata di Riau, Bisa Jadi Pilihan Libur Lebaran

Rep: Febrian Fachri/ Red: Ani Nursalikah

Kamis 11 Apr 2024 11:05 WIB

Sejumlah warga berwisata pada hari kedua Lebaran di Pantai Koneng Dumai, Riau, Jumat (14/5/2021). Foto: ANTARA/Aswaddy Hamid Sejumlah warga berwisata pada hari kedua Lebaran di Pantai Koneng Dumai, Riau, Jumat (14/5/2021).

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Dinas Pariwisata Provinsi Riau telah memetakan pergerakan wisatawan dan sejumlah destinasi wisata yang bakal disambangi wisatawan saat libur Idul Fitri 1445 Hijriyah. Diprediksi puncak kunjungan wisatawan 11 hingga 14 April 2024 atau H-1 hingga H-4.

"Prakiraan jumlah pergerakan wisatawan sekitar 3,4 juta orang akan bepergian saat libur Idul Fitri. Sementara, target okupansi hotel diprediksi bisa mencapai 40 persen selama libur Idul Fitri," kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau, Roni Rakhmat, Senin (1/4/2024).

Baca Juga

Roni menyebut sesuai adalah Pj Gubernur Riau, Dispar Provinsi Riau telah melakukan rapat koordinasi dengan 12 Dispar kabupaten dan kota membahas kesiapan destinasi wisata. Kemudian, menerbitkan surat edaran perihal kesiapan destinasi wisata dalam menghadapi libur Idul Fitri.

"Kami juga telah melakukan pembinaan kepada pengelola daya tarik wisata alam dalam meningkatkan pelayanan dan keamanan destinasi wisata," katanya.

Roni mengimbau pengelola objek wisata agar bisa mengantisipasi lonjakan pengunjung. Selain itu, antisipasi di kerawanan terjadinya kondisi membahayakan, terutama lokasi wisata alam yang dinilai rawan kecelakaan karena kondisinya yang ekstrem.

Menurut Roni, keselamatan juga harus diterapkan. Ia mengimbau wisatawan selalu memantau perkembangan cuaca melalui media maupun situs resmi BMKG. Pengelola daya tarik wisata harus lebih waspada untuk menjaga keselamatan pengunjung.

Berikut sejumlah destinasi wisata yang diminati wisatawan ketika libur lebaran di Riau.

Terpopuler