H-10 Lebaran, Ini Kondisi Infrastruktur Jalan, Tol Hingga Rest Area Jelang Mudik

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Bilal Ramadhan

Selasa 02 Apr 2024 14:40 WIB

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri). Menteri PUPR menyampaikan kondisi infrastuktur jalan, tol, hingga rest area terkini. Foto: Republika/Dessy Suciati Saputri Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri). Menteri PUPR menyampaikan kondisi infrastuktur jalan, tol, hingga rest area terkini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyampaikan kondisi infrastruktur jalan, jalan tol, maupun fasilitas pendukung lainnya untuk arus mudik dan balik lebaran 2024. Secara nasional kondisi jalan nasional hingga periode mudik lebaran 2024 ini sepanjang 47.600 kilometer dengan kemantapan 94,2 persen. 

Sedangkan total panjang jalan tol sebesar 3.020 kilometer terdiri dari jalan tol operasional sepanjang 2.835 KM baik di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Bali dan Sulawesi.

Baca Juga

"Tahun ini insya Allah akan ada jalan tol yang dapat dilalui secara fungsional sudah rigit payment semua hanya belum dioperasikan secara resmi jadi sudah dapat difungsikan H-7 tgl 4 April sampai H+7 tgl 16 April. Selain itu, terdapat 134 tempat istirahat yang tersebar juga di seluruh jalan tol," ujar Basuki saat Rapat Kerja Persiapan Mudik dengan Komisi V DPR RI, Selasa (2/4/2024).

Basuki merinci, kondisi kemantapan jalan nasional maupun tol per pulau yakni untuk di Pulau Jawa ruas jalan nasional sepanjang 6.500 KM dengan kemantapan 97,23 persen. Sejumlah ruas jalan yang rusak akibat banjir di wilayah antara Demak dan Karanganyar sepanjang 1,8 kilometer dengan empat lajur juga dilakukan perbaikan.

Sedangkan untuk jalan tol di Pulau Jawa yang operasional sepanjang 1.783 km dengan rest area atau tempat istirahat dan pelayanan 92 terdiri dari 59 tipe A, 29 tipe B dan 4 tipe C.

Kemudian terdapat penambahan jalan tol pada tahun 2023 ini, ada di pulau Jawa ini adalah tol Cinere-Jagorawi, Cinere-Jagorawi seksi III a III b, Bekasi Cawang Kampung Melayu seksi II a Ujung Jakasampurna Margajaya, Cimanggis-cibitung, Serpong Cinere, Cinere Cibitung dan Cilincing. 

Kemudian Pasuruan Probolinggo untuk seksi Probolinggo Timur sampai Gending. dan Tol Ciawi Sukabumi seksi 2 Cigombong Cibadak, tol Cileunyi-Sumedang Dawuan, dan tol Semarang-Demak Sayung Demak.

"Kemudian untuk yang jalan fungsional untuk mudik Lebaran tahun 2024, sepanjang 50,45 km ada di Jawa yaitu Tol Cikampek dua selatan, ruas Kutanegara Sadang, Tol Solo Jogjakarta Segmen Colomadu Klaten  sepanjang 22,3. Ini kami sebutkan karena ini sudah bisa melewati kurang lebih 38 traffic Light antara Kartosuro Jogja, itu sudah 2 jam lebih itu bisa mengatasi kemacetan antara Solo-Jogja," ujarnya.

Untuk Bali, jalan nasional sepanjang 589 km dengan kondisi mantap 99, 55 persen dan jalan tol di Bali masih tetap sepanjang 10 km. Di Sumatera jalan nasional sepanjang 13.417 dengan kondisi mantap 95,15 persen kemudian jalan tol Sumatera sepanjang 884 KM dengan 38 tempat istirahat dan pelayanan. 

Penambahannya pada tahun 2023 sampai Januari 2024, Sigli- Banda Aceh, Binjai-Langsa Simpang-Indralaya Muara Enim, tol Indrapura-Kisaran, tol Kuala Tanjung Tebing Tinggi-Parapat.

Di Pulau Kalimantan ruas jalan nasional yang siap digunakan sepanjang 8.000 KM dengan kondisi mantap 92,27 persen serta jalan tolnya tetap masih jalan tol Balikpapan-Samarinda. 

"Pulau Sulawesi jalan nasional yang siap digunakan sepanjang 8.794 km yang secara umum dalam kondisi mantap 95,82 persen. di Sulawesi jalan tol yang operasional sepanjang 62 km dari tol Ujung Pandang Makassar seksi 1-3  sepanjang 10 km, Makassar seksi empat sebanyak 11 km dan tol Manado-Bitung sejauh 39,8 km serta akses tol Makassar newport," ujarnya.

Basuki melanjutkan, dukungan lain yang diberikan adalah penerapan diskon tol di sejumlah ruas mudik mulai Trans Jawa maupun Trans Sumatera dengan besaran bervariasi. Pertama potongan 20 persen untuk jalan tol Trans Jawa yakni di  pertama jalan tol Trans Jawa di tol Tangerang-merak, Jakarta-Cikampek, Jakarta-Cikampek elevated (MBZ), Cikopo-Palimanan, Palimanan-Kanci, Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Semarang ABC dan Jombang-Mojokerto.

Sementara untuk Jalan Tol Trans Sumatera yang menerapkan tarif 20 persen adalah ruas Jalan Tol Indralaya-Prabumulih dan Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung.

"Ini kami sebutkan masing-masing karena juga masing-masing punya BUJT sendiri. Berlakunya, saat periode mudik 3 April 2024 mulai pukul 05.00 WIB sampai dengan 5 April pukul 05.00 WIB dan periode balik tanggal 17 April 2024 pukul 05.00 sampai 19 April pukul 05.00 WIB," ujar Basuki. 

Selanjutnya, Basuki menyebutkan diskon tol dari para BUJT untuk jalan tol Krian- Legundi-Bunder sebesar 14 sampai 35 persen dengan ketentuan. Untuk kendaraan non golongan 1 dengan rincian sebagai berikut: golongan III dan III sebesar 14 persen dan golongan IV dan V sebesar 35 persen, selama 17 hari mulai tanggal 3 April sampai dengan 19 April 2024.

"Potongan tarif tol ini berlaku untuk transaksi non tunai dengan saldo kartu elektronik cukup. Oleh karena itu, kami mohon agar masyarakat untuk dapat memastikan saldo kartu elektronik mencukupi selama perjalanan," ujarnya.

Terakhir, dukungan fasilitas toilet di lokasi rest area telah disiapkan sebanyak 9.000 toilet, yang terdiri dari eksisting sebanyak 6.175 unit dan tambahan sebanyak 2.833 unit. Kemudian penyediaan aplikasi tol yang dapat diakses melalui telepon seluler untuk memudahkan masyarakat mendapatkan informasi mengenai kondisi lalu lintas, prakiraan cuaca, call center peta jalan tol dan info tempat istirahat dan pelayanan.

"Demikian juga peningkatan pelayanan tol di rest area antara lain area komersial untuk usaha mikro kecil dan menengah, penyediaan fasilitas parkir disabilitas dan stasiun pengisian kendaraan listrik umum," ujarnya.

Terpopuler