Libur Idul Fitri BSI Siapkan Rp 45 Triliun, Guna Penuhi Kebutuhan Uang Tunai Masyarakat

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Fuji Pratiwi

Selasa 02 Apr 2024 11:30 WIB

Seorang nasabah tengah bertansaksi di Ajungan Tunai Mandiri (ATM) Bank BSI. Foto: Republika Seorang nasabah tengah bertansaksi di Ajungan Tunai Mandiri (ATM) Bank BSI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menyiapkan sekitar Rp 45 triliun uang tunai untuk memenuhi kebutuhan uang kartal masyarakat jelang libur hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Tahun ini, pemenuhan uang kartal BSI meningkat 20 persen year on year, terutama untuk kebutuhan uang tunai melalui penarikan teller dan ATM.

Optimalisasi layanan kebutuhan jelang Idul Fitri, BSI menyediakan layanan penukaran uang layak edar melalui mobil kas keliling dan kantor cabang bersama Bank Indonesia. Layanan ini sesuai jadwal pada masing-masing KPw BI setempat.

Baca Juga

"Selain itu juga BSI juga telah menyiapkan weekend banking yang secara rutin dilakukan guna mempermudah nasabah yang ingin bertransaksi ke cabang pada akhir pekan," ujar Wakil Direktur Utama BSI Bob T Ananta di Jakarta, Senin (1/4/2024).

Selama periode 6 April–15 April 2024, perseroan juga akan membuka layanan terbatas di 566 kantor BSI di Indonesia. Adapun jam operasionalnya mulai pukul 08.00-14.00 waktu setempat. Selanjutnya, layanan operasional terbatas dapat diakses di www.bankbsi.co.id.

Jelang Idul Fitri, perseroan akan mengoptimalisasi layanan BSI baik di kantor cabang maupun e-channel (ATM dan BSI Mobile). BSI juga memastikan ketersediaan dana tunai, terutama pada mesin ATM agar dapat memberikan layanan prima kepada nasabah selama 24 jam.

"Terlebih waktu-waktu ini menjadi salah satu periode yang memiliki trafik transaksi lebih tinggi dari biasanya," ungkap Bob.

Saat ini BSI memiliki lebih dari 1.100 kantor cabang, 2.559 mesin ATM yang terkoneksi dengan jaringan ATM Bersama, ATM Prima, ATM Jalin, VISA dan Mastercard. Juga layanan transaksi penarikan uang tunai yang bekerja sama dengan gerai Indomaret dan Alfamart di seluruh Indonesia.

Bob juga mengimbau nasabah untuk melakukan transaksi finansial dan non-finansial melalui BSI Mobile yang dilengkapi fitur cek mutasi rekening, transfer BSI dan bank lain, pembayaran, pembelian, ziswaf, pembiayaan emas dan multiguna, top up e-wallet, e-commerce serta layanan Islami. 

Bob juga mengimbau agar masyarakat mengoptimalkan transaksi nontunai menggunakan seperti BSI Mobile, QRIS, kartu debit BSI, dan Hasanah Card. Untuk menjangkau daerah-daerah terpencil, BSI juga memiliki lebih dari 90 ribu BSI Agen. BSI Agen merupakan agen laku pandai mitra resmi BSI yang melayani tarik dan setor tunai, transfer antar rekening BSI dan bank lain, pembayaran PLN, BPJS, serta pembelian pulsa dan sebagainya yang mudah diakses masyarakat.

Bob juga mengingatkan agar masyarakat berhati-hati terhadap oknum yang mengatasnamakan BSI untuk melakukan tindak kejahatan seperti penipuan. Adapun informasi resmi dari BSI bisa diakses melalui call centre official BSI 14040 dan media sosial di antaranya facebook|Bank Syariah Indonesia, X @bankbsi_id, Instagram banksyariahindonesia.

 

 

Terpopuler