Ifthar Bersama 1.500 Santri Darunnajah, Syafruddin: Negara Harus Membersamai Pesantren

Red: Erdy Nasrul

Selasa 02 Apr 2024 02:27 WIB

Wakil Kepala Kepolisian RI periode 2016-2018 sekaligus Ketua ASFA Foundation Komjen Pol (pur) Syafruddin berpidato dalam acara buka puasa bersama di Pesantren Darunnajah Jakarta pada Sabtu (30/3/2024). Foto: Dokpri Wakil Kepala Kepolisian RI periode 2016-2018 sekaligus Ketua ASFA Foundation Komjen Pol (pur) Syafruddin berpidato dalam acara buka puasa bersama di Pesantren Darunnajah Jakarta pada Sabtu (30/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramadhan menjadi momentum membangun ukhuwah. Terutama saat berbuka puasa (ifthar). Terasa sekali kehangatan dan kekeluargaan saat ribuan orang berkumpul berbuka puasa bersama.

Hal tersebut dirasakan Ketua ASFA Foundation Komjen Pol (pur) Syafruddin bersama jajaran pengurus ASFA Foundation yang menggelar buka puasa bersama di Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta, pada 30/3. Acara ini juga dihadiri Irjen Pol (Purn) Nur Windiyanto, Kompol Dr.  Ardila Amri, Ibu Kharisma, KH. Anizar Masyhadi dan jajaran pengurus Lazis ASFA lainnya.

Baca Juga

Dalam sambutannya Pimpinan Ponpos Darunnajah Dr. KH. Hadiyanto Arif menyampaikan apresiasi atas dedikasi dan perhatian ASFA yang begitu besar terhadap pesantren secara umum.

Menurutnya, ASFA sudah sangat tepat, yaitu membersamai pondok-pondok pesantren dalam rangka kiprahnya untuk membangun Indonesia.

Haji Syafruddin dalam sambutannya kembali menegaskan komitmen ASFA untuk memajukan Indonesia melalui dunia pendidikan.

Komjen Syafruddin menjelaskan, bahwa saat ini ada ratusan pondok pesantren dan lembaga pendidikan serta ormas yang kadernya berjumlah 2000an orang telah mendapatkan beasiswa dari Lazis ASFA, hal demikian sebagai komitmen ASFA dalam rangka penguatan SDM di pondok-pondok pesantren ashriyah (modern), salafiyah yang berafiliasi pada NU, dan pondok-pondok pesantren yang berafiliasi pada Muhammadiyah.

Wakil Kepala Kepolisian RI periode 2016-2018 itu menegaskan, bahwa pesantren adalah lembaga pendidikan di Indonesia yang memiliki kekhasan dan berkontribusi besar pada bangsa Indonesia, ada sejak sebelum Indonesia merdeka.

"Saat ini, negara harus hadir membersamai pesantren, memberikan kemudahan-kemudahan dan bantuan. Keberadaan pesantren saat ini telah termaktub dalam undang undang pesantren no 18 tahun 2019", imbuhnya.

ASFA Foundation terus membuka dan memperluas jaringannya dalam rangka menyiapkan jalan pendidikan tingkat tinggi (universitas) baik di dalam dan luar negeri.

Hadir Pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah Dr. KH. Hadiyanto Arif, Rektor UDN Dr. KH. Hasan Darojat, Bendahara Lazis ASFA Pangeran Arsyad Ihsanul Haq, Lc., dan 1500 santriwati.

photo
Jajaran Pengurus ASFA Foundation bersama pimpinan Pesantren Darunnajah Jakarta menghadiri buka puasa bersama - (Darunnajah)

Terpopuler