Pemprov DKI Giatkan Patroli Pasar Tanah Abang Hingga Lebaran

Red: Qommarria Rostanti

Senin 01 Apr 2024 23:51 WIB

Warga berbelanja di Blok A Pasar Tanah Abang, Jakarta, Kamis,(14/3/2024). Menurut pedagang penjualan busana muslim mengalami peningkatan pada awal bulan suci ramadhan. Diperkirakan penjualan akan kembali mengalami peningkatan menjelang hari raya Idul Fitri. Foto: Republika/Prayogi Warga berbelanja di Blok A Pasar Tanah Abang, Jakarta, Kamis,(14/3/2024). Menurut pedagang penjualan busana muslim mengalami peningkatan pada awal bulan suci ramadhan. Diperkirakan penjualan akan kembali mengalami peningkatan menjelang hari raya Idul Fitri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggiatkan patroli pengawasan di kawasan Pasar Tanah Abang. Ini dilakukan untuk memastikan kondisi keamanan dan ketertiban tetap kondusif selama Ramadhan hingga Idul Fitri 1445 Hijriyah.

"Terkait permasalahan ketertiban umum di Kawasan Pasar Tanah Abang menjelang Idul Fitri, beberapa hal yang dilakukan Pemprov DKI mulai dari patroli pengawasan hingga imbauan secara intensif dan rutin di seputar kawasan," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Balai Kota DKI Jakarta Pusat, Senin (1/4/2024).

Imbauan dan penjagaan tersebut dilakukan agar para pedagang ataupun pengunjung tidak beraktivitas yang dapat mengganggu kelancaran lalu lintas dan trotoar pejalan kaki. Heru mengatakan patroli dilakukan melalui operasi gabungan bekerja sama dengan seluruh unsur pejabat wilayah dan suku dinas terkait, beserta jajaran tiga pilar Kecamatan Tanah Abang.

Gangguan keamanan yang harus diantisipasi diantara kemacetan lalu lintas akibat parkir liar, angkot berhenti terlalu lama, dan pedagang yang menguasai trotoar maupun gangguan keamanan dan kenyamanan masyarakat seperti copet atau kejahatan lainnya. Selain itu, Heru mengatakan patroli pengamanan dan penjagaan kawasan Pasar Tanah Abang tersebut sudah dimulai sejak 28 Maret 2024 melalui kegiatan Pengamanan Terpadu Tingkat Kota di Kawasan Tanah Abang.

"Di sana ada penempatan personel gabungan penjagaan berkala di sejumlah titik tertentu dengan mendirikan posko-posko untuk mengantisipasi segala potensi kerawanan gangguan keamanan dan ketertiban umum," ujar Heru.

Sebelumnya, Koordinator Lapangan Satpol PP Jakarta Pusat Asep Nasrudin mengatakan sebanyak 100 personel gabungan Satpol PP, TNI/Polri, dan Dinas Perhubungan (Dishub) dikerahkan melakukan penjagaan di kawasan pusat perbelanjaan Tanah Abang, Jakarta Pusat hingga H-1 Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah.

"Kehadiran petugas untuk memastikan situasi lapangan tetap kondusif dan terkendali. Karena itu, personel kami sebar ke sejumlah titik rawan di Tanah Abang," ujar Asep, Ahad (31/3/2024). 

Ratusan personel itu ditempatkan di titik-titik seperti area depan Tanah Abang Blok A, Blok B, Blok F, Jatibaru 2, dan tikungan Blok G. Selain petugas yang siaga di titik rawan, pihaknya juga menyiagakan tim yang melakukan patroli berkala.

Terpopuler