Pemkab Garut Antisipasi Titik Rawan Macet Saat Arus Mudik

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Bilal Ramadhan

Senin 01 Apr 2024 15:13 WIB

Kendaraan pemudik terjebak kemacetan di Jalur Selatan, Malangbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Pemkab Garut mengantisipasi sejumlah titik rawan macet saat arus mudik lebaran. Foto: Antara/Adeng Bustomi Kendaraan pemudik terjebak kemacetan di Jalur Selatan, Malangbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Pemkab Garut mengantisipasi sejumlah titik rawan macet saat arus mudik lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Kabupaten Garut memastikan siap menghadapi arus mudik Lebaran 1445 Hijriah. Para pemudik diprediksi akan memadati wilayah Garut seperti Kadungora, Leles hingga Kota Garut.

Pj Bupati Garut Barnas Adjidin mengimbau para pemudik yang hendak menuju Garut untuk mempersiapkan segala hal sebelum mudik. Seperti memastikan kondisi kendaraan laik jalan, kondisi fisik yang prima dan perbekalan cukup.

Baca Juga

"Saya minta ke masyarakat Garut untuk siap menghadapi alur mudik yang pasti akan macet dan apa yang (harus) dipersiapkan," ucap dia saat rapat koordinasi persiapan arus mudik akhir pekan ini.

Ia mengatakan para pemudik harus memperhatikan titik-titik jalan yang diprediksi rawan macet. Sehingga mereka dapat mengetahui hal yang harus dilakukan.

Barnas pun mengaku terus berkoordinasi dan berkolaborasi dengan TNI, Polri, hingga masyarakat agar kemacetan yang terjadi di arus mudik dan balik bisa terurai dan teratasi.

"Ini bukan pekerjaan yang mudah, karena tahun ini saya yakin arus mudik dan arus balik itu akan meningkat," kata dia.

Ia pun akan melakukan edukasi kepada masyarakat di titik-titik rawan macet serta memberikan kompensasi kepada kusir delman agar tidak beroperasi selama arus mudik dan balik.

Barnas menyarankan agar pemudik berangkat H-4 sebelum Lebaran atau menghindari arus puncak mudik. Pihaknya juga telah menyiapkan zona-zona dan posko-posko bersama di tiga ruas jalan serta tempat-tempat rekreasi untuk mempercepat penyelesaian masalah. Termasuk layanan kesehatan yang siap  dengan ambulans dan rumah sakit melayani 24 jam.

Terpopuler