Puncak Arus Mudik di Depok Diperkirakan di H-4  

Red: Gita Amanda

Senin 01 Apr 2024 11:00 WIB

Kondisi Terminal Jatijajar, Kota Depok, Jawa Barat (ilustrasi) Foto: Republika/Alkhaledi Kurnialam  Kondisi Terminal Jatijajar, Kota Depok, Jawa Barat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Puncak arus mudik di Kota Depok, Jawa Barat diprediksi akan terjadi pada H-4 Idul Fitri 1445 Hijriyah atau 6 April 2024 melalui Terminal Tipe A Jatijajar.

"H-4 diprediksi menjadi puncak arus mudik karena bersamaan dengan adanya jadwal keberangkatan dari program mudik gratis," kata Kepala UPT Terminal Jatijajar Depok Asri Immanuel Sinuraya, di Depok, Senin (1/4/2024).

Baca Juga

Ia mengatakan program tersebut digelar oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat (Jabar). Terminal Tipe A Jatijajar menjadi salah satu pilihan titik pemberangkatan pemudik asal Depok.

"Informasi mudik gratis ini sudah menjadi pemberitaan media yang sudah banyak membantu menyebarkan berita mudik gratis, jadi peluang orang-orang di luar sana ikut mudik gratis semakin banyak," ujarnya.

Menurut dia, untuk Kemenhub jumlah bus yang akan diturunkan masih dalam proses pendataan, sedangkan untuk dari Dishub akan ada sebanyak enam bus, tiga bus ke Solo dan tiga unit bus ke Yogyakarta.

Jelang arus mudik, Terminal Jatijajar Depok rutin melaksanakan ramp check terhadap bus yang akan memberangkatkan penumpang. Untuk arus mudik, pelaksanaan ramp check akan bekerjasama dengan tim Pusat Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok.

Dia menyatakan pelaksanaan pemeriksaan kelayakan kendaraan bus tersebut sangat penting untuk memastikan keamanan kendaraan yang akan berangkat mudik.

Terpopuler