Tiket Mudik KA Pangrango dan Siliwangi Masih Tersedia Banyak

Red: Ani Nursalikah

Ahad 31 Mar 2024 14:40 WIB

Penumpang Kereta Api Pangrango tiba di Stasiun Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (29/3/2024). PT KAI Daop 1 menyediakan sebanyak 128.964 tiket mudik lokal sebanyak 66.000 tiket KA Pangrango jurusan Bogor - Sukabumi dan 62.964 tiket KA Siliwangi jurusan Sukabumi - Cipatat menjelang angkutan Lebaran 2024. Foto: ANTARA FOTO/Henry Purba Penumpang Kereta Api Pangrango tiba di Stasiun Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (29/3/2024). PT KAI Daop 1 menyediakan sebanyak 128.964 tiket mudik lokal sebanyak 66.000 tiket KA Pangrango jurusan Bogor - Sukabumi dan 62.964 tiket KA Siliwangi jurusan Sukabumi - Cipatat menjelang angkutan Lebaran 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta menyebut tiket KA lokal Pangrango relasi Bogor-Sukabumi pulang pergi (PP) dan KA Siliwangi relasi Sukabumi-Cipatat PP untuk libur Lebaran 2024 masih banyak tersedia.

Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko dalam keterangannya, di Jakarta, Minggu, mengatakan telah menetapkan masa Angkutan Lebaran 2024 mulai 31 Maret 2024 hingga 21 April 2024.

Baca Juga

Berdasarkan pantauan pemesanan tiket Angkutan Lebaran 2024 hari ini, 132 KA Pangrango akan mengakomodir masyarakat dalam Angkutan Lebaran 2024 selama 22 hari dengan enam KA per hari. Sedangkan untuk KA Siliwangi total 66 KA dengan perjalanan KA dari Sukabumi ke Cipatat sebanyak tiga KA.

“KAI menyediakan total 66.000 tiket KA Pangrango untuk Angkutan Lebaran 2024 yang sudah dapat dipesan, dan terjual sebanyak 31.962 tiket dengan okupansi 48 persen. Untuk KA Siliwangi disediakan 62.964 tempat duduk untuk Angkutan Lebaran 2024, dan terjual sebanyak 841 tiket sampai dengan H-7,” ujarnya.

Oleh karenanya, Ixfan menyebutkan, ketersediaan tiket KA Pangrango dan Siliwangi untuk angkutan Lebaran masih banyak tersedia. “Untuk KA Pangrango masih tersedia sebanyak 34.038 tiket, sedangkan KA Siliwangi masih 62 Ribu tiket lebih,” ujarnya pula.

Ia menyampaikan, tiket KA lokal Pangrango bisa dibeli sejak 30 hari sebelum jadwal keberangkatan. Sedangkan untuk KA Siliwangi bisa dibeli tujuh hari sebelum jadwal keberangkatan.

“Jadi kepada para calon penumpang kereta api kami imbau untuk segera merencanakan libur Lebaran tahun 2024 jauh-jauh hari dengan sebaik-baiknya,” kata Ixfan.

Dia menjelaskan, jumlah penjualan tiket KA Pangrango tersebut dapat terus meningkat. Sebab penjualan secara daring maupun on the spot di stasiun (go show) masih berlangsung.

“Kami mengimbau kepada calon penumpang yang membutuhkan informasi lebih detil terkait jadwal KA, dapat melalui aplikasi Access by KAI, menghubungi Contact Center 121, web resmi kai.id, dan channel external yang bekerja sama dengan PT KAI,” ujarnya lagi.

Ixfan menambahkan, menjelang mudik Lebaran 2024, KAI Daop 1 Jakarta juga telah menyiapkan KA reguler maupun tambahan. Dengan kesiapan baik dari lokomotif, kereta, maupun kereta pembangkit untuk mendukung angkutan mudik Lebaran termasuk mudik lebaran untuk aglomerasi Bogor-Sukabumi dan Sukabumi-Cianjur

Beberapa persiapan menurutnya sudah dilakukan, seperti pengecekan lintas yang telah dilakukan oleh manajemen mulai dari Stasiun Bogor-Sukabumi. “Adapun pengecekan yang dilakukan terkait kesiapan sarana prasarana, dan sumber daya manusia atau pekerja di lapangan,” ujarnya.

Dalam antisipasi gangguan perjalanan KA selama masa Angkutan Lebaran 2024, pihaknya telah menempatkan sarana posko seperti lokomotif posko, kereta pembangkit dan crane pada beberapa titik yang sudah ditentukan.

“Hal yang sama juga pada penempatan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) pada lokasi yang ditentukan serta menempatkan petugas prasarana ekstra antara lain Petugas Jaga Jalan Lintas (PJL), Petugas Pemeriksa Jalur (PPJ), Petugas Daerah Pemantauan Khusus (Petugas Dapsus),” kata Ixfan pula.

Selain itu, untuk peningkatan keamanan dan ketertiban (kamtib) dalam perjalanan kereta api maupun di stasiun, KAI Daop 1 Jakarta melakukan koordinasi kewilayahan dengan aparat setempat.

KAI juga terus melakukan peningkatan keselamatan perjalanan kereta api masa mudik Lebaran 2024, dengan melakukan pemeriksaan lintas oleh manajemen. “KAI telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait hal tersebut, terutama keselamatan pada perlintasan sebidang,” ujarnya lagi.

Terpopuler