Tafsir Al Baqarah Ayat 183: Pentingnya Ikhlas Saat Puasa Ramadhan

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah

Ahad 31 Mar 2024 09:57 WIB

Warga menyiapkan menu tradisional kuah beulangong (kari daging sapi) yang telah masak untuk dibagikan pada tradisi kenduri Nuzulul Quran di Desa Pango Raya, Banda Aceh, Aceh, Sabtu (30/3/2024). Kuliner kari daging sapi yang dimasak secara gotong royong menjadi menu utama berbuka puasa dan dibagikan kepada fakir miskin, janda dan seluruh penduduk desa pada peringatan tradisi kenduri Nuzulul Quran yang dilaksanakan setiap bulan Ramadhan. Foto: ANTARA FOTO/Irwansyah Putra Warga menyiapkan menu tradisional kuah beulangong (kari daging sapi) yang telah masak untuk dibagikan pada tradisi kenduri Nuzulul Quran di Desa Pango Raya, Banda Aceh, Aceh, Sabtu (30/3/2024). Kuliner kari daging sapi yang dimasak secara gotong royong menjadi menu utama berbuka puasa dan dibagikan kepada fakir miskin, janda dan seluruh penduduk desa pada peringatan tradisi kenduri Nuzulul Quran yang dilaksanakan setiap bulan Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ulama tafsir Imam Ibnu Katsir menyampaikan penjelasan atas Surat Al Baqarah ayat 183. Ayat ini berisi ihwal kewajiban seorang Muslim untuk berpuasa selama bulan suci Ramadhan.

Allah SWT berfirman:

Baca Juga

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

"Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." (QS Al Baqarah ayat 183)

Ibnu Katsir mengawali penjelasannya dengan menguraikan bahwa puasa ialah menahan diri dari makan, minum dan berhubungan suami istri dengan niat yang ikhlas karena Allah SWT azza wa jalla.

Dia menggarisbawahi tentang betapa pentingnya ikhlas dalam melaksanakan ibadah puasa. Karena dengannya, seorang Muslim mendapatkan kesempatan untuk penyucian jiwa dari hawa nafsu dan akhlak yang tercela.

Ibnu Katsir kemudian mengutip firman Allah SWT: "...Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah-lah kembali kamu semuanya, lalu diberitahukan-Nya kepadamu apa yang telah kamu perselisihkan itu." (QS Al Maidah ayat 48)

Berdasarkan hal tersebut, maka teranglah bahwa puasa ditujukan kepada orang-orang beriman, untuk membersihkan jiwa dan mempersempit jalan setan. Ketika seorang Muslim puasa maka menjadi sempitlah jalan baginya menuju kemaksiatan. Dengan puasa pula, semakin terbuka lebar jalan baginya untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Bahkan Nabi Muhammad juga telah bersabda dan dalam sabdanya beliau SAW berpesan supaya para pemuda yang belum mampu menikah melaksanakan puasa. Karena puasa itu menjadi benteng bagi pemuda dari segala kemaksiatan.

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Wahai para pemuda! Barangsiapa di antara kalian berkemampuan untuk menikah, maka menikahlah, karena nikah itu lebih menundukkan pandangan, dan lebih membentengi farji (kemaluan). Dan barangsiapa yang tidak mampu, maka hendaklah ia shaum (puasa), karena shaum itu dapat membentengi dirinya." (HR Bukhari, Muslim, Tirmidzi, dan lainnya)

Sumber: Furqan

Terpopuler