No Worries, Ini Kiat Makan Aman Saat Lebaran Bagi Pengidap Diabetes

Red: Ani Nursalikah

Rabu 10 Apr 2024 05:05 WIB

Ketupat dan opor ayam, hidangan khas Lebaran. Foto:

1

Wahyuningrum menganjurkan untuk mengambil hanya satu lauk setiap makan berat. Misalnya, bisa memilih antara rendang atau opor ayam dengan catatan daging ayam dimasak tanpa kulit.

Sementara untuk konsumsi kue kering sebagai makanan selingan, jumlah ideal yang disarankan adalah 4 sampai 5 buah dalam satu hari. "Itu (konsumsi kue kering) tidak sekali makan. Dia sebagai pengganti makanan selingan bisa dua buah selingan pagi dan dua di selingan sore," ujarnya.

Kemudian, batasi konsumsi minuman manis atau dapat mengganti gula pasir dengan pemanis lain yang rendah kalori. Anggota Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) itu juga mendorong konsumsi banyak sayuran seperti rebusan sayur hijau atau lalapan guna menambah asupan serat untuk tubuh.

Selain itu, penuhi kebutuhan air putih dengan meminumnya sebanyak delapan gelas dalam satu hari. Hal yang tidak kalah penting adalah lakukan rutinitas olahraga serta tetap meminum obat sesuai anjuran dokter.

"Selain makannya sudah kita atur, kemudian jangan lupa minum obat sesuai anjuran dokter. Jangan lupa tetap berolahraga jadi luangkan waktu setiap hari minimal 30 menit," kata Wahyuningrum. 

Terpopuler