Pesanan Kerupuk Kemplang Palembang Meningkat Jelang Lebaran

Red: Bilal Ramadhan

Sabtu 30 Mar 2024 16:08 WIB

Karyawan merapikan susunan oleh-oleh kerupuk dan kemplang khas Palembang. Sejumlah usaha kerupuk kemplang Palembang alami peningkatan pesanan jelang lebaran. Foto: FENY SELLY/ANTARA Karyawan merapikan susunan oleh-oleh kerupuk dan kemplang khas Palembang. Sejumlah usaha kerupuk kemplang Palembang alami peningkatan pesanan jelang lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Sejumlah usaha kerupuk kemplang yang merupakan makanan khas Kota Palembang, Sumatera Selatan mengalami peningkatan pesanan jelang Lebaran Idul Fitri 2024.

"Sudah sejak hari ke-15 Ramadhan pemesanan meningkat untuk dikirimkan ke daerah-daerah sekitar Palembang seperti Lampung Banyuasin Jambi hingga Bengkulu," kata Kirana seorang pengusaha kemplang.

Baca Juga

Menurut dia, sejumlah pengusaha kerupuk kemplang tersebut peningkatan pemesanan terjadi bahkan sejak pertengahan Ramadhan menjelang lebaran. Ia menambahkan selain melayani pesanan keluar daerah Palembang permintaan di dalam kota Palembang juga meningkat selama Ramadhan ini hingga menjelang lebaran.

Para pembeli kemplang menyebutkan kerupuk itu menjadi makanan wajib dihidangkan saat makan ketupat opor ayam agar nuansa makanan semakin nikmat.

Sementara itu, Matasim seorang warga mengatakan Kota Palembang memang terkenal dengan olahan makanan yang terbuat dari ikan. Selain empek-empek, orang-orang yang datang ke Palembang harus mencicipi gurih nya kerupuk kemplang khas Palembang.

"Keluarga saya di Semarang Jawa Tengah selalu saat menjelang lebaran minta dikirim kerupuk kemplang dan empek-empek," katanya.

Ia menambahkan dengan harga relatif tidak begitu mahal hanya dengan Rp 60 ribu sudah dapat per kg kemplang yang jumlahnya cukup banyak dan bisa dimakan bersama-sama.

Terpopuler