Mudik Bersama Si Kecil, Bagaimana Cara Siapkan MPASI-nya?

Red: Reiny Dwinanda

Kamis 28 Mar 2024 15:44 WIB

Makanan pendamping ASI (Mpasi). Mpasi fortifikasi dinilai dapat menjadi nutrisi tambahan bagi bayi. Foto: Freepik Makanan pendamping ASI (Mpasi). Mpasi fortifikasi dinilai dapat menjadi nutrisi tambahan bagi bayi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bakal mudik bersama si kecil lebaran ini? Orang tua diingatkan untuk menyiapkan makanan pendamping air susu ibu (MPASI) sebelum melakukan perjalanan.

"Pertama, harus dari awal melakukan perencanaan yang baik, persiapan MPASI harus direncanakan. Kalau lagi dalam perjalanan waktu di jalan makannya apa, bagaimana menyiapkannya, apakah ada area untuk menyiapkan atau beli bahan makanan, itu harus diperhatikan," kata dokter spesialis anak Nastiti Kaswandani dalam pesan tertulis yang diterima Antara, Kamis (28/3/2024).

Baca Juga

Menurut dr Nastiti, pemudik yang melakukan perjalanan melalui jalur darat mesti mengantisipasi risiko kemacetan lalu lintas kendaraan dengan menyiapkan MPASI untuk anak dari rumah. Perhatikan juga penyimpanan makanan atau bahan makanan untuk MPASI selama perjalanan mudik.

Dokter Nastiti menyarankan pemudik membawa kotak pendingin untuk menyimpan bahan makanan. Ini penting untuk meminimalkan risiko kerusakan makanan.

"Bawa cool box untuk memastikan bahan makanan terjaga dengan baik atau bawa alat masak sederhana yang bisa menghangatkan dan mengolah makanan, misal rice cooker kecil," ujar dokter dari Rumah Sakit Umum Pusat Nasional dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta ini.