Pertama dalam Sejarah, Kastil Windsor Jadi Tempat Buka Puasa Ramadhan

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Ani Nursalikah

Kamis 28 Mar 2024 15:02 WIB

Kastil Windsor di Inggris untuk pertama kalinya dalam sejarah menggelar buka puasa bersama Ramadhan 2024 di halaman istana akhir pekan ini. Foto: X/@o_salha Kastil Windsor di Inggris untuk pertama kalinya dalam sejarah menggelar buka puasa bersama Ramadhan 2024 di halaman istana akhir pekan ini.

REPUBLIKA.CO.ID, WINDSOR -- Kastil Windsor di Inggris untuk pertama kalinya dalam sejarah menggelar buka puasa bersama Ramadhan 2024 di halaman istana akhir pekan ini. Orang-orang dari semua agama diundang dalam acara ini.

Town & Country Mag melaporkan acara buka puasa bersama ini diselenggarakan bersama oleh Royal Collection Trust dan Proyek Tenda Ramadhan. Pendiri Proyek Tenda Ramadhan Omar Salha memposting momen tersebut di X setelah acara. Dalam postingannya itu ia merasa senang dengan agenda buka puasa bersama tersebut.

Baca Juga

“Pengalaman tak terlupakan menjelajahi kawasan megah Windsor diikuti dengan #iftar yang menampilkan warisan, tradisi & persatuan," kata Salha, dilansir dari About Islam, Kamis (28/3/2024).

Anggota Dewan Penasehat Ramadan Tent Project Dowshan Humzah mengatakan acara ini merupakan salah satu dari 25 tempat di seluruh negeri yang melaksanakan inisiatif ini. Ia senang bisa menggunakan Kastil Windsor sebagai lokasi acara buka puasa bersama.

“Kastil Windsor yang ikonik kaya akan warisan budaya dan kami ingin mengucapkan terima kasih yang tulus kepada tuan rumah atas sambutan hangat dan keramahtamahan mereka,” ujar Humzah.

Acara Buka Puasa Terbuka (Open Ifthar) berlangsung di seluruh Inggris sepanjang bulan ini, termasuk di Kastil Windsor dan Perpustakaan Inggris. Puncak festival adalah jamuan makan komunitas terakhir yang diadakan di Trafalgar Square London pada 8 April 2024.

Ramadhan adalah bulan paling suci dalam kalender Islam. Di bulan Ramadhan, umat Islam tidak makan, minum, berhubungan badan antara terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari (maghrib).