Telkomsel Beri Akses Jaringan 4G untuk 14 Kapal Angkutan Mudik Lebaran 2024

Red: Nora Azizah

Kamis 28 Mar 2024 00:55 WIB

Sejumlah pemudik membawa barangnya setibanya di Pelabuhan (ilustrasi). Foto: ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid Sejumlah pemudik membawa barangnya setibanya di Pelabuhan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Operator seluler Telkomsel, yang merupakan bagian dari Badan Usaha Milik Negara Grup Telkom, menyediakan jaringan 4G di 14 kapal mudik yang dioperasikan oleh Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni).

"Selama ini orang yang mudik dengan berlayar tidak terjangkau internet. Dengan ini, kami bisa memberikan layanan terbaik untuk pelanggan," kata Wakil Direktur Komunikasi Korporat dan Tanggung Jawab Sosial Telkomsel Saki H Bramono dalam jumpa pers daring yang diikuti dari Jakarta, Rabu (27/3/2024).

Baca Juga

Layanan 4G dari Telkomsel menjangkau 1.100 rute yang dilayani 14 kapal tersebut dan 83 pelabuhan di Indonesia. Untuk menghadirkan sinyal 4G di kapal, Telkomsel bekerja sama dengan anak perusahaan Telkom, yaitu Telkomsat, melalui internet satelit.

Telkomsat memegang Hak Labuh Non Geostationer (NGSO) Starlink. Saki mengatakan penyediaan layanan internet 4G di kapal mudik merupakan penggunaan pertama Telkomsel dengan internet satelit Starlink.

Telkomsel memperkirakan kenaikan trafik internet pada periode Ramadhan dan Idul Fitri 2024 sebesar 15,22 persen jika dibandingkan dengan hari biasa. Dari total kenaikan trafik internet, operator seluler tersebut memperkirakan kenaikan tertinggi berasal dari area Jawa, Bali dan Nusa Tenggara, daerah tujuan mudik, sebesar 26,25 persen.

Kenaikan tertinggi kedua diperkirakan berasal dari Sumatera, yaitu 16,99 persen. Peningkatan trafik internet juga diperkirakan terjadi di area Papua, Maluku, Sulawesi dan Kalimantan sebesar 13,11 persen.

Sementara itu, kenaikan trafik internet di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Jawa Barat diperkirakan mencapai 4,28 persen.

Untuk mengantisipasi gangguan jaringan selama periode Lebaran dan mudik, Telkomsel menyediakan tim layanan pelanggan yang bekerja selama 24 jam dan tujuh hari, yang dapat diakses melalui media sosial, telepon layanan pelanggan, aplikasi MyTelkomsel dan asisten virtual Veronika sampai gerai GraPARI.