Rawan Macet, Enam Titik Pasar Tumpah di Jalur Pantura Indramayu jadi Fokus Perhatian

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Muhammad Hafil

Rabu 27 Mar 2024 05:32 WIB

Sejumah warga menyapu koin yang diberikan oleh pengendara yang melintas di Jembatan Sewo, Indramayu, Jawa Barat, Rabu (19/4/2023). Memasuki musim mudik Lebaran, jumlah pencari uang sedekah tersebut meningkat dibandingkan hari biasanya dengan keuntungan bisa mencapai ratusan ribu rupiah setiap harinya. Meskipun dapat membahayakan keselamatan pengendara dan berpotensi membuat kemacetan terutama di masa mudik Lebaran, namun tradisi tersebut masih dijalankan oleh warga sekitar. Foto: Republika/Putra M. Akbar Sejumah warga menyapu koin yang diberikan oleh pengendara yang melintas di Jembatan Sewo, Indramayu, Jawa Barat, Rabu (19/4/2023). Memasuki musim mudik Lebaran, jumlah pencari uang sedekah tersebut meningkat dibandingkan hari biasanya dengan keuntungan bisa mencapai ratusan ribu rupiah setiap harinya. Meskipun dapat membahayakan keselamatan pengendara dan berpotensi membuat kemacetan terutama di masa mudik Lebaran, namun tradisi tersebut masih dijalankan oleh warga sekitar.

REPUBLIKA.CO.ID,INDRAMAYU – Sebanyak enam titik lokasi pasar tumpah di Jalur Pantura Kabupaten Indramayu berpotensi memicu kemacetan saat arus mudik Lebaran 2024. Karena itu, titik-titik tersebut mendapat perhatian ekstra dari jajaran Polres Indramayu dalam pengamanan arus mudik mendatang.

Hal itu terungkap dari hasil Survey Jalur Lintasan Arus Mudik dan Pengecekan Lokasi Pos Pam Polres Indramayu, dalam Rangka Kesiapan Ops Ketupat Lodaya Tahun 2024, Selasa (26/3/2024).

Baca Juga

Kegiatan survei itu dipimpin langsung oleh Kapolres Indramayu, AKBP M Fahri Siregar. Dia menyatakan, salah satu titik fokus untuk mengatasi kemacetan adalah pasar tumpah yang berada di bahu jalan.

‘’Pasar tumpah ini menjadi fokus kita,’’ ujar Fahri.

Adapun keenam titik rawan kemacetan akibat pasar tumpah itu terdiri dari lima pasar tradisional dan satu supermarket. Keenam lokasi tersebut berada di bahu jalan Jalur Pantura Indramayu.

Keenam titik itu, yakni Pasar Tulungagung, Pasar Cilet, Pasar Parean, Pasar Eretan, Pasar Patrol, dan Toserba Yogya Plaza Patrol.

Menurut Fahri, arus lalu lintas di titik-titik tersebut cenderung tidak stabil karena aktivitas pasar yang menghambat. Ditambah dengan lalu lalang kendaraan besar yang membuat daerah sekitar pasar tumpah rawan terjadi kemacetan.

Untuk mengatasi hal itu, Polres Indramayu akan menempatkan Pospam dan personel. Mereka akan memberikan pelayanan dan pengamanan di beberapa pasar dan supermarket tersebut.

Hal itu dilakukan berdasarkan pengalaman pada momen mudik Lebaran sebelumnya, dimana pasar dan supermarket selalu dipadati oleh pengunjung terutama menjelang hari Lebaran.

"Beberapa pasar ini nanti kita akan tempatkan pospam dan kita tempatkan personil untuk memberikan pelayanan dan pengamanan,’’ tukas Fahri.

Polres Indramayu pun telah melakukan koordinasi dengan berbagai instansi untuk mengantisipasi kepadatan, memberikan pelayanan, dan pengamanan selama masa mudik.

Dengan langkah-langkah preventif itu, diharapkan dapat mengurangi potensi kemacetan dan meningkatkan kelancaran arus lalu lintas selama arus mudik Lebaran di Jalur Pantura Kabupaten Indramayu.