Cerita Bukber Ramadhan di KBRI Beijing, Diawali dengan Khataman Alquran

Red: Ani Nursalikah

Selasa 26 Mar 2024 14:53 WIB

 Majelis At-Taqwa KBRI Beijing menggelar kegiatan khataman Alquran dan buka puasa bersama. Foto: Republika/Kamran Dikarma Majelis At-Taqwa KBRI Beijing menggelar kegiatan khataman Alquran dan buka puasa bersama.

REPUBLIKA.CO.ID, Laporan Jurnalis Republika Kamran Dikarma dari Beijing, Cina

BEIJING -- Bisa bertemu dan berkumpul dengan orang-orang senegara saat sedang berada di negeri orang ternyata memang menyenangkan. Momen tersebut saya rasakan ketika datang ke KBRI Beijing untuk mengikuti kegiatan buka puasa bersama pada Sabtu (23/3/2024) lalu.

Baca Juga

Untuk pertama kalinya setelah sebulan berada di Cina, saya bertemu dengan teman-teman berkewarganegaraan Indonesia. Informasi tentang kegiatan buka puasa bersama di KBRI Beijing saya peroleh dari Ahmad Syifa, mahasiswa Indonesia berusia 39 tahun yang tengah menempuh pendidikan S3 jurusan ekonomi terapan (applied economic) di Beijing Institute of Technology. Nomor kontak pria yang akrab disapa Syifa itu saya dapatkan dari seorang editor di kantor.

BACA JUGA: Muslim Indonesia Kelola Mushala di Bekas Restoran Sushi, Semarak di Bulan Ramadhan

Pada Sabtu sore tanggal 23 Maret 2024, saya dan Syifa membuat janji bertemu di stasiun subway atau kereta bawah tanah Jianguomen untuk selanjutnya berangkat bersama ke KBRI Beijing. Stasiun Jianguomen merupakan yang terdekat dari apartemen tempat saya tinggal.

Saya meminta tolong kepada Syifa untuk dijemput terlebih dulu di stasiun itu karena saya belum paham dengan sistem subway di Beijing yang memiliki 27 jalur. Saya dan Syifa akhirnya bertemu. Sebelum berangkat, Syifa, yang sudah enam bulan berada di Beijing, mengajari saya cara menggunakan dompet digital Alipay untuk membeli tiket subway.

Dengan begitu, mesin tiket nantinya hanya perlu memindai kode QR pada layar gawai saya. Praktis. Terima kasih kepada Syifa.

Perjalanan ke KBRI Beijing membutuhkan satu kali transit. Dari jalur 1 tempat stasiun Jianguomen berada, saya dan Syifa harus berpindah ke jalur 10. Stasiun subway terdekat dari KBRI Beijing adalah Nongye Zhanlanguan.

Dalam perjalanan ke KBRI, saya dan Syifa saling bertukar cerita pengalaman selama tinggal di Beijing. Dari perbincangan itu saya mengetahui bahwa Syifa adalah anggota Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Beijing.

Dia menjabat sebagai Katib Syuriah...