1.000 Paket Sembako Murah Semarakkan Safari Ramadhan di Manokwari Papua Barat     

Red: Nashih Nashrullah

Senin 25 Mar 2024 23:03 WIB

Safari Ramadhan BUMN 2024. Masyarakat antusias dengan Safari Ramadhan Foto: Dok Istimewa Safari Ramadhan BUMN 2024. Masyarakat antusias dengan Safari Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Sebanyak 1.000 paket sembako murah disediakan untuk masyarakat kurang mampu. Setiap paket berisi beras, gula, dan minyak, sebagai upaya untuk membantu meringankan beban kebutuhan pokok masyarakat.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Safari Ramadhan BUMN 2024 bersama PT Pelabuhan Indonesia (Persero) / Pelindo bersama Kementerian BUMN di Manokwari, Papua Barat. 

Baca Juga

 “Safari Ramadhan di Manokwari ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan menyambut 26 tahun Kementerian BUMN. Secara keseluruhan, kegiatan Safari Ramadhan digelar Kementerian BUMN bersama  sejumlah perusahaan BUMN lainnya di 40 kota di seluruh Indonesia,” ujar Direktur Utama Pelindo, Arif Suhartono, Senin, (25/3/2024) dalam keterangannya.

Secara terpisah, Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan pentingnya sinergi antara pemerintah dan BUMN dalam memberikan kontribusi positif bagi kesejahteraan masyarakat. 

“Sesuai arahan Presiden Jokowi, pemerintah, termasuk melalui Kementerian BUMN berkepentingan memastikan ketersedian bahan pangan di tengah-tengah masyarakat dengan harga terjangkau. Hal ini dilakukan untuk merespons fenomena badai Elnino, yang menyebabkan kenaikan harga pangan di berbagai daerah di Indonesia,” katanya.

Safari Ramadhan BUMN 2024 di Manokwari juga diisi dengan kegiatan bazaar, yang diikuti 15 UMKM lokal binaan Kementerian BUMN. Pada kegiatan itu dibuka pendaftaran mudik gratis kapal laut untuk 100 orang dengan rute Manokwari-Biak, dengan keberangkatan 6 April 2024.

Baca juga: Dulu Berpikir Islam Sarang Teroris Juga Biang Poligami, Armina Kini Bersyahadat dan Mualaf 

Sementara itu, Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo, Ardhy Wahyu Basuki menambahkan khusus di lingkungan Pelindo, kegiatan Safari Ramadhan dilakukan Direksi Pelindo di 14 titik atau cabang pelabuhan di seluruh Indonesia, seperti Malahayati, Banten, Bitung hingga Manokwari. 

“Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan berkah bagi warga setempat, di bulan suci Ramadhan ini,” kata Wahyu.