Operasi Wasir Saat Puasa Ramadhan, Bolehkah? Ini Kata Dokter

Red: Qommarria Rostanti

Senin 25 Mar 2024 20:05 WIB

Seseorang mengalami wasir (ilustrasi). Menurut dokter, puasa bukan penghalang untuk menjalani operasi wasir. Foto: www.flickr.com Seseorang mengalami wasir (ilustrasi). Menurut dokter, puasa bukan penghalang untuk menjalani operasi wasir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter spesialis bedah dr Mozart, Sp.B menyampaikan bahwa puasa bukan penghalang untuk menjalani operasi wasir. Menurut dia, tindakan operasa saat puasa diperbolehkan.

"Karena sebelum tindakan operasi wasir, biasanya pasien diwajibkan untuk berpuasa terlebih dahulu," kata dokter Mozart dalam keterangan persnya pada akhir pekan lalu.

Baca Juga

"Apabila tindakan ini dilakukan pada bulan Ramadhan, tidak ada halangan bagi pasien yang ingin melakukan tindakan tersebut," ujarnya.

Dokter yang praktik di Vena Wasir Center itu mengatakan, operasi wasir tidak membatalkan puasa, tetapi pasien dianjurkan untuk menjalani prosedur tersebut menjelang bulan puasa agar bisa segera makan dan minum setelah tindakan. Ia menjelaskan bahwa wasir, yang menyebabkan pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus, tidak selalu menimbulkan gejala sehingga banyak orang yang telat menyadarinya.

Menurut dokter Mozart, gejala wasir paling sering diketahui ketika penderita memeriksakan diri ke klinik karena mengeluarkan darah saat buang air besar atau muncul benjolan serta rasa gatal, nyeri, dan tidak nyaman di sekitar anus. "Wasir bisa bersifat internal atau eksternal. Wasir internal berkembang di dalam anus atau rektum, sedangkan wasir eksternal berkembang di luar anus," katanya.

Ia mengatakan pada beberapa kasus, gejala wasir internal bisa hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. "Namun, pada beberapa kondisi wasir juga perlu mendapatkan penanganan medis," katanya.

Bila penderita terlambat mendapatkan penanganan medis, dokter Mozart mengatakan, maka wasir berisiko menyebabkan kekurangan darah hingga benjolan pada anus yang mengakibatkan munculnya infeksi. "Jadi, sebaiknya sebelum kondisi wasir semakin parah atau mencapai stadium empat lebih baik segera melakukan pemeriksaan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat," katanya.

Direktur Bisnis dan Operasional Vena Wasir Center Abdurrahman menyampaikan bahwa kondisi wasir yang serius membutuhkan tindakan bedah oleh dokter spesialis. Ia mengatakan, pelaksanaan tindakan itu perlu diikuti dengan penerapan gaya hidup sehat seperti memperbanyak konsumsi makanan berserat tinggi, minum air putih, dan olahraga rutin.